Begini Awal Mula Minggu Ditetapkan Jadi Hari Libur

Begini Awal Mula Minggu Ditetapkan Jadi Hari Libur
Minggu menjadi waktu untuk berlibur. Kenapa ya? (Pixabay/JillWellington) 

Hari Minggu cocok untuk beristirahat atau liburan. Hanya, kamu tahu nggak bagaimana sejarah hari Minggu ditetapkan jadi hari libur? Yuk, simak!

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak suka dengan hari Minggu? Pada hari inilah kamu bisa beristirahat, melepas lelah setelah satu pekan bekerja, atau setidaknya berlibur untuk refreshing. Hanya, kamu pernah terpikir nggak mengapa Minggu ditetapkan sebagai hari libur?

Memang, nggak semua negara menetapkan Minggu sebagai hari libur. Di Timur Tengah, misalnya, beberapa negara seperti Arab Saudi menjadikan Jumat sebagai hari libur.

Pada hari inilah umat Muslim yang merupakan mayoritas di negara tersebut melakukan ibadah Salat Jumat. Agar nggak terganggu, mereka pun menjadikan hari ini sebagai hari libur.

Sementara di Israel, liburnya malah hari Sabtu. Alasannya juga mirip dengan keputusan di negara-negara Timur Tengah, yakni pada hari tersebut masyarakatnya beribadah, sehingga sebaiknya diberi kesempatan untuk melakukannya dengan tenang.

Lantas, mengapa Indonesia justru menetapkan hari liburnya pada Minggu sebagaimana mayoritas negara-negara di seluruh dunia? Padahal, mayoritas warganya beragama Islam yang melakukan ibadah Jumat.

Ternyata, hal ini dipengaruhi oleh warisan kolonial saat Nusantara dijajah oleh Belanda.

Sebagai informasi, awal mula hari Minggu dijadikan hari libur terjadi di masa Romawi Kuno. Saat itu, bangsa Romawi menganggap hari tersebut sebagai hari baik untuk beribadah. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk meliburkan semua aktivitas pada hari tersebut.

Nah, mengingat wilayah kekuasaan Romawi mencakup sebagian Eropa, peraturan ini pun berlaku di wilayah-wilayah tersebut dan terbawa hingga sekarang. Belanda, Jerman, Prancis, Inggris, dan negara-negara lain pun tetap mengadopsi hari Minggu sebagai hari libur.

Saat Indonesia dijajah Belanda, peraturan hari Minggu sebagai hari libur juga ikut diterapkan. Hal tersebut membuat masyarakat Indonesia terbiasa melakukannya hingga sekarang. Hanya, mengingat pada hari Jumat banyak orang beribadah, diadakan kelonggaran untuk memberikan jam istirahat lebih lama pada hari tersebut. Selain itu, ada juga perusahaan yang memberikan jam kerja lebih pendek pada Jumat.

Kalau menurut kamu, di Indonesia sebaiknya libur tetap diberlakukan saat hari Minggu atau hari Jumat, nih, Millens? Atau malah sebaiknya kedua-duanya dijadikan hari libur saja? Ha-ha. (Dre/IB09/E03)