Begini Aturan Baru Bawa Sepeda di Dalam Kereta Api

Sepeda bisa dibawa masuk ke dalam kereta api, lo. Seperti apa syarat sepeda yang bisa dibawa masuk? Berikut penjelasan PT KAI.

Begini Aturan Baru Bawa Sepeda di Dalam Kereta Api
Sepeda dibawa ke dalam kereta api. (Ardiankusuma)

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan aturan baru terkait dengan sepeda yang bisa dibawa di dalam kereta api. Peraturan ini mulai berlaku sejak Selasa (30/7/2019).

Jenis sepeda yang boleh dibawa masuk dalam gerbong adalah yang berjenis sepeda lipat dengan berat maksimal 20 kilogram dan ukuran roda maksimal sebesar 12 inchi. Aturan ini diberlakukan khusus untuk kereta antarprovinsi di Pulau Jawa, KA Bandara, KRL Commuterline, dan LRT Sumatera Selatan.

Hanya saja, khusus untuk KRL Commuterline, sepeda lipat yang bisa dibawa masuk maksimal memiliki ukuran 100x40x30 sentimeter.

“Perlu dicatat sepeda hanya bisa dibawa di dalam kereta penumpang. Kita nggak bisa menyimpannya di kereta makan atau di sambungan antarkereta,” jelas Vice President Public Relation PT KAI, Edi Kuswoyo seperti ditulis laman Kompas, Senin (12/8).

Sepeda yang bisa dibawa masuk ke dalam kereta juga harus benar-benar berada dalam kondisi terlipat dan dimasukkan ke dalam bagasi. Sepeda ini juga bisa ditempatkan di ruang kosong di sekitar kursi penumpang.

Aturan ini diharapkan bisa membuat seluruh penumpang merasa aman dan nyaman. Jika sampai sepeda ditempatkan sembarangan atau jenis sepeda yang dimasukkan tidak dibatasi, dikhawatirkan akan mengganggu penumpang lainnya. Selain itu, jika sepeda ditempatkan sembarangan ada kemungkinan kehilangan atau terjadi kerusakan pada kereta api.

“Kalau disimpan dengan baik, penumpang yang mau berjalan atau keluar masuk kereta tetap merasa nyaman,” ucap Edy.

Jika kamu ingin membawa sepeda yang dimensinya lebih besar, sebaiknya gunakanlah layanan angkutan kereta api seperti PT KA Logistik (Kalog). Meski begitu, layanan pengiriman sepeda yang disediakan Kalog hanya terbatas di Pulau Jawa dan Bali.

Sobat Millens ada yang sudah pernah coba bawa sepeda ke dalam gerbong kereta api? (IB09/E04)