Beda Warna, Beda Nutrisi, Pilih Buah Naga Merah Atau Putih?

Beda Warna, Beda Nutrisi, Pilih Buah Naga Merah Atau Putih?
Buah naga merah dan putih, mana lebih baik? (Freepik)

Selain lezat dikonsumsi, buah naga sangat kaya akan nutrisi. Ada dua jenis buah naga yang banyak dijual di Indonesia yaitu Putih dan Merah. Kira-kira, mana yang lebih bergizi?

Inibaru.id - Buah naga terkenal sebagai buah yang kaya akan gizi penting bagi kesehatan. Buah ini juga digunakan untuk mengobati penyakit. Dari dua jenis buah naga yang dijual di Indonesia yaitu merah dan putih, mana yang terbaik sebagai obat?

Sebagai informasi, buah naga (Hylocereus undatus) merupakan tumbuhan kaktus yang berasal dari Amerika Latin. Tanamana ini banyak tumbuh di California dan Florida, Amerika Serikat, dengan berbagai warna. Ada buah naga putih, merah, dan kuning.

Di Indonesia, buah naga putih dan merah sudah banyak dibudidayakan. Mengingat warnanya berbeda, apakah nutrisinya juga berbeda?

Jenis Buah Naga dan Nutrisinya

1. Buah Naga Merah

Buah naga merah bisa untuk masker rambut. (Freepik)
Buah naga merah bisa untuk masker rambut. (Freepik)

Selain dimakan begitu saja, buah naga merah juga digunakan sebagai masker rambut. Manfaatnya, melembabkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Jadi, rambut nggak hanya cepat panjang tapi juga nggak kering.

Buah naga merah memiliki daging buah merah agak keunguan. Warna kulit luarnya agak gelap. Rasa daging buahnya sangat manis.

Meskipun begitu, buah naga merah sangat aman dikonsumsi siapa pun karena kadar gula alaminya nggak terlalu tinggi. Buah naga merah ini mengandung antioksidan, kalsium, fosfor yang tinggi. Kandungan lain dalam buah naga merah adalah betasianin. Zat ini dapat melindungi tubuh dari penyakit hati.

2. Buah Naga Putih

Buah naga putih memiliki antioksidan yang lebih sedikit. (Freepik)
Buah naga putih memiliki antioksidan yang lebih sedikit. (Freepik)

Seperti namanya, daging buah naga ini berwarna putih. Dibanding buah naga merah, kulit buah naga putih lebih cerah. Biasanya, ukuran buah ini juga lebih kecil.

Meski kecil ukurannya, buah naga putih kaya akan vitamin C dan antioksidan. Namun, antioksidan dalam buah ini nggak lebih besar dibanding varian yang merah. Jadi, bisa dibilang untuk urusan kesehatan, buah naga merah lebih baik.

Namun, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati buah naga putih ya. Baik putih maupun merah, sama-sama baik kok.

3. Buah Naga Kuning

Buah naga kuning masih jarang dibudidayakan di Indonesia. (Trubus)
Buah naga kuning masih jarang dibudidayakan di Indonesia. (Trubus)

Kamu mungkin belum pernah mendengar buah naga kuning. Di Indonesia, varian ini memang belum banyak dibudidayakan. Nggak seperi dua “saudaranya”, putih dan merah. O ya, warna kuning ini hanya pada kulitnya. Terdapat sedikit duri pada permukaannya, sementara daging buahnya berwarna putih.

Meski sama-sama memiliki daging buah berwarna putih, kandungan vitamin A pada buah naga kuning lebih banyak dibanding buah naga putih. Jadi, sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata.

Soal rasa, buah naga kuning lebih manis dan segar. Meski begitu, kandungan antioksidan dan karoten hampir sama dengan buah naga lainnya. Jadi, buah naga mana yang paling kamu suka, Millens? (Det,Bob/IB21/E03)