Tips Menempuh Arus Balik Lebaran

Tips Menempuh Arus Balik Lebaran
Arus balik Lebaran 2018. (Viva.com)

Seusai merayakan Lebaran bersama keluarga, hal yang dilakukan para pemudik adalah balik keperantauan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan arus balik Lebaran.

Inibaru.id - Nggak hanya saat mudik Lebaran saja, suasana ramai pun bakal terjadi pada arus balik Lebaran. Mengutip Goodyear-Indonesia.com, arus balik yang biasa dimulai sejak H+1 Lebaran dianggap memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi daripada arus mudik. Nah, berikut ada sejumlah tips yang bisa kam lakukan agar lancar menempuh perjalan arus balik Lebaran.

  1. Menentukan Tanggal Arus Balik

Menentukan tanggal arus balik Lebaran agar terhindar dari kemacetan. (Okezone.com)

Sebelum menempuh perjalanan, hal utama yang perlu dipersiapakan adalah menentukan tanggal. Hal tersebut penting bagi pemudik untuk mengetahui kondisi jalanan. Kamu bisa memantau berita arus balik dari berbagai sumber.

  1. Mempersiapkan Fisik dan Mental Pengemudi

Fisik dan mental pengemudi harus prima saat berkendara. (Tirto.id)

Sebelum menempuh perjalanan jauh, penting bagi pemudik mempersiapkan fisik dan mental. Hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap kondisi psikis pengemudi. Selain itu, perjalananmu juga lebih nyaman bila fisikmu dalam kondisi yang prima.

  1. Periksa Keamanan Kendaraan

Pastikan kendaraan dalam kondisi baik. (Kemanajaboleh.com)

Nggak hanya tubuh, kendaraanmu juga harus dalam kondisi prima, Millens. Sebelum mudik, pastikan rem, oli, lampu, hingga ban dalam kondisi yang baik. Hal ini dapat meghindarkanmu dari risiko kecelakaan di jalanan.

  1. Memasang GPS

GPS penting untuk menunjukkan jalan alternatif ketika terjebak macet. (Idtrack.co.id)

Perjalanan yang jauh kerap membuat pengemudi susah untuk menemukan jalan alternatif. Itu sebabnya, penggunaan GPS atau Global Positioning System saat mengemudi di arus balik terbukti sangat membantu pengemudi. GPS dapat menunjukkan arah yang sesuai untuk menghindari kemacetan. Eits, tapi GPS nggak bisa menunjukkan arah hidupmu ya!

  1. Bawa Barang Secukupnya

Bawalah barang secukupnya agar muatanmu tidak overload. (Job-like.com)

Ada baiknya pemudik tidak perlu membawa barang-barang yang terlalu banyak. Hal tersebut dapat berpengaruh bagi kinerja kendaraan yang digunakan. Jadi, bawalah barang secukupnya saja ya, Millens.

  1. Beristirahat Cukup

Beristirahat yang cukup agar kondisi fisik pengemudi tetap prima. (Bisnis.com)

Istirahat yang cukup sangat diperlukan bagi kebugaran pemudik saat berkendara. Selain itu, istirahat yang cukup juga mengurangi risiko kecelakaan akibat lelah atau mengantuk.

  1. Waspada Kejahatan

Waspada dan berhati-hati dimanapun kamu berada. (Metrotvnews.com)

Saat menempuh arus balik, kamu harus memperhatikan keamanan perjalananmu. Pastikan barang bawaanmu berada di tempat yang aman. Ingat, kejahatan bisa datang kapanpun dan di mana pun, waspadalah waspadalah!

Semoga perjalananmu lancar samapi tujuan ya. Selamat menjalani aktivitas, Sobat Millens. (IB11/E04)