Beasiswa adalah Kunci untuk Mereka yang Terkendala Ekonomi di Indonesia

Beasiswa adalah Kunci untuk Mereka yang Terkendala Ekonomi di Indonesia
CEO Media Group Mirdal Akib menyoroti pentingnya beasiswa bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. (Medcom/Kautsar Widya Prabowo)

Beasiswa OSC Medcom.id mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sistem daring yang memungkinkannya diikuti oleh seluruh siswa di berbagai wilayah di Indonesia.

Inibaru.id – Kendala ekonomi dan demografi menjadi faktor dominan tingginya angka putus sekolah di Indonesia. Hal ini sebagaimana diungkapkan CEO Media Group Mirdal Akib dalam Kongres Beasiswa Indonesia, Kamis (21/1/2021).

"Untuk menurunkan angka putus sekolah, program beasiswa bisa menjadi solusi," tuturnya dalam kongres daring perdana yang dihadiri para pengelola beasiswa dari pelbagai instansi di Tanah Air ini.

Turut hadir dalam kongres yang diselenggarakan Indonesia Scholarship Center (WISH Committee) dan Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB) itu para pengelola beasiswa dari pelbagai instansi, lembaga pemerintah, yayasan, perusahaan swasta, hingga pemberi beasiswa dari luar negeri.

Pada kongres bertemakan "Empowering Scholarship Programs in Indonesia" itu, Mirdal juga mengungkapkan, program beasiswa dari Media Group, Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id, sengaja dibuat sebagai solusi untuk menurunkan angka putus sekolah di Indonesia. 

"Para siswa yang mendapatkannya akan diberi bantuan biaya kuliah secara penuh sampai lulus," kata dia.

Nggak hanya menyelesaikan kendala ekonomi, program OSC yang diselenggarakan secara daring, lanjutnya, juga bertujuan untuk mengatasi kendala demografi. Karena digelar daring, program ini bisa diikuti oleh seluruh siswa dari berbagai wilayah di Tanah Air.

“Sistem OSC dilakukan daring, jadi siapa pun di seluruh wilayah di Indonesia bisa mengikutinya, asalkan ada akses internet,” ungkap Mirdal dalam kongres yang diselenggarakan pada 20-21 Januari 2021 ini. 

Enam tahun berjalan, OSC memang terbilang cukup sukses dengan telah menyediakan lebih dari 2.000 paket beasiswa kepada para siswa terbaik yang bisa mendapatkan pendidikan di universitas swasta terbaik di Indonesia.

Ekosistem Beasiswa Terbaik

Indonesia Scholarship Congress. (Medcom/Baznas TV)
Indonesia Scholarship Congress. (Medcom/Baznas TV)

Indonesia Scholarship Congress (ISC) atau Kongres Beasiswa Indonesia merupakan ajang berkumpulnya para penyelenggara beasiswa yang diperuntukkan untuk masyarakat Indonesia yang digelar WISH Committee bersama Lembaga Beasiswa BAZNAS.

Kongres perdana ini diselenggarakan untuk menyamakan langkah dalam membuat ekosistem beasiswa terbaik. Tujuannya, tentu saja untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tertuang dalam undang-undang.

Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Direktur Eksekutif ISC Didin Nuruddin Hidayat dalam pembukaan kongres mengatakan, salah satu cara terbaiknya adalah dengan meningkatkan akses pendidikan berkualitas.

“Akses pendidikan berkualitas menjadi cara terbaik meningkatkan sumber daya manusia," papar Didin. "Nah, di sinilah peran beasiswa tersebut.” 

Yap, asalkan digelar dengan cara yang benar dan tepat sasaran, beasiswa mungkin bisa menjadi anak tangga terbaik bagi mereka yang punya kemampuan tapi terkendala ekonomi atau demografi. Kamu penerima beasiswa juga, Millens(Med/IB09/E03)