Lima Hal yang Bakal Dikangenin dari BBM

Berdasarkan pengumuman yang dirilis pada laman blog resmi BBM, aplikasi perpesanan instan ini bakal ditutup mulai 31 Mei mendatang. Saat ditutup nanti, beberapa hal ini mungkin bakal kamu kangenin dari BBM.

Lima Hal yang Bakal <em>Dikangenin</em> dari BBM
Tagar #goodbyeBBM muncul sejak pengumuman BBM ditutup resmi dirilis. (Grid)

Inibaru.id – Salah satu aplikasi pesan instan yang sempat populer di Indonesia, Blackberry Messenger (BBM) akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Hal itu diumumkan melalui laman blog resmi BBM. Rasa sedih meski sedikit pasti tebersit di benak para pengguna maupun mantan pengguna aplikasi yang sempat tenar di kalangan milenial ini.

BBM sebenarnya sudah berupaya untuk terus memperbaiki layanan dan tampilan untuk memikat pengguna. Namun, industri teknologi yang dinamis rupanya menggerus asa BBM untuk tetap eksis.

Dulu, BBM seakan menjadi "identitas anak gaul". Mereka yang punya BBM akan terlihat "wah". Kalau sobat Millens termasuk salah seorang pengguna BBM, lima hal ini mungkin saja bakal kamu kangenin setelah aplikasi itu benar-benar berhenti beroperasi nanti. Berikut adalah lima hal yang bisa buat BBM dikangeni.

Saling Tukar Pin BBM

Setiap bertemu teman lama atau kenalan baru, kamu otomatis langsung bertukar pin BBM. Selain agar intens berkomunikasi, kamu juga bisa mengetahui perkembangan temanmu lewat status-status yang dia buat. Hayo, ngaku! Ha-ha.

Bombardir PING!!!

Kamu mungkin pernah membombardir PING!!! saat pesanmu lama dibalas. Fitur PING!!! yang masuk ke gawai memang dibarengi dengan mode getar yang otomatis membuat si penerima pesan menengok pemberitahuan pesannya. Bahkan, sampai banyaknya PING!!! yang dikirim, ponsel temanmu sampai nge-hang.

Kode Lewat Status dan Lagu yang Diputar

Status yang kamu buat di akun BBM akan masuk pada fitur recent updates di akun BBM teman-temanmu. Begitu pula kalau kamu aktifkan fitur listening. Lagu yang sedang kamu dengarkan pun akan terupdate melalui fitur recent updates. Nggak heran kalau kemudian banyak yang saling kode lewat fitur itu. Ha-ha!

Mengirim Broadcast Message

Melalui BBM, kamu bisa mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus. Yap, fitur broadcast message dalam BBM mempermudahmu, bukan? Kamu jadi bisa menyiarkan kabar, memberi informasi, bahkan promosi usahamu pada banyak orang sekaligus dalam satu waktu.

Menunggu Kode “D” Menjadi “R”

“Kenapa D lagi D lagi D lagi, kok nggak R R R R?” Masih ingat dengan cuplikan lagu Coboy Junior itu? Hm, menunggu pesan yang masih D alias delivered menjadi R alias read kadang memang bikin uring-uringan ya, Millens? Tapi di situlah letak keseruannya. Hayo, siapa yang dulu sering marah saat ngirim pesan ke doi karena selalu D? Ha-ha.

Kamu tentu pernah melakukan satu atau bahkan semua hal-hal tadi kan, Millens? Bagian mana nih yang bakal paling kamu rindukan dari BBM nantinya? (IB10/E04)