Asyik, Sebentar Lagi Bayar Tol Nggak Perlu Berhenti!

Sebentar lagi kamu nggak perlu nempelin kartu buat bayar tol, Millens . Jasa Marga sedang menguji coba teknologi yang bisa membuat pengendara nggak perlu berhenti untuk bayar tol. Seperti apa teknologi itu?

Asyik, Sebentar Lagi Bayar Tol Nggak Perlu Berhenti!
Uji Coba transaksi tol tanpa berhenti dengan sistem SLFF. (Jasa Marga)

Inibaru.id – Dalam waktu dekat, kamu nggak perlu antre panjang berhenti buat bayar tol, Millens. Jasa Marga mulai memperkenalkan transaksi baru dengan memakai metode Single Lane Free Flow (SLFF). Sistem yang memakai Radio-Frequency Identification (RFID) ini membuat pengendara nggak perlu berhenti demi membayar tol.

Kompas.com, Senin (25/3/2019) menulis, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarmo ikut dalam uji coba SLFF yang diadakan di Gerbang Tol Cengkareng dan Kapuk.

“Ini kan masih uji coba agar masyarakat nantinya terbiasa dengan sistem ini. Awalnya bisa dipakai internal BUMN seperti Damri dan mobil Garuda. Saya menyambut baik inovasi yang dilakukan Jasa Marga demi meningkatkan pelayanan ini. Harapannya sih tahun depan sudah bisa dikomersilkan,” ungkap Rini.

Sistem bayar tol tanpa harus membuat pengendara berhenti ini sebenarnya sudah diadopsi banyak negara. Hal itu dilakukan demi mencegah antrean panjang di gerbang tol yang tentu bisa memicu kemacetan.

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani menyebut teknologi SLFF ini digagas PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) dan tim konsorsium. Sistem ini sebenarnya juga sudah pernah diterapkan di Bali secara terbatas pada 2018. Saat itu, Jasa Marga bekerja sama dengan Taksi Blue Bird.

Desi memang masih belum mengungkap kapan sistem ini akan mulai disosialisasikan atau diterapkan di seluruh Indonesia. Namun, Desi menyebut uji coba di Jalan Tol Sedyatomoi ini menjadi titik awal dari Jasa Marga untuk mengembangkan fasilitas dan pelayanan bagi pengguna jalan tol.

“Sistem bayar tanpa henti ini sebenarnya adalah pengembangan dari teknologi Electronic Toll Collection (ETC) yang sudah dikenal luas masyarakat. Kami juga bekerja sama dengan aplikasi penyedia saldo LinkAja demi membantu masyarakat yang ingin melakukan pengisian ulang sistem ini,” ungkap Desi.

Semoga sistem ini segera diberlakukan di jalan tol seluruh Indonesia, ya, Millens. (IB09/E04).