Bayar Toilet di SPBU Pertamina, Pungli nggak Sih?

Bayar Toilet di SPBU Pertamina, Pungli nggak Sih?
Bayar toilet di SPBU Pertamina. Haruskah dilakukan? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pernah kaget karena ada tarif memakai toilet di SPBU Pertamina, Millens? Sebenarnya, kita harus benar-benar membayarnya, nggak sih? Atau tarif toilet di POM Bensin ini sebenarnya adalah pungli?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah mengalami dilema ini, Millens. Saat dalam perjalanan dan harus buang air, biasanya kamu memilih untuk pergi ke SPBU. Hanya, kamu harus bayar untuk memakai toiletnya. Nah, yang jadi pertanyaan, sebenarnya bayar toilet di SPBU Pertamina termasuk pungutan liar (pungli) nggak sih?

Variasi biaya menggunakan toilet di SPBU Pertamina beragam. Ada yang membayar Rp 2 ribu untuk buang air kecil. Ada juga yang harus membayar lebih mahal seperti Rp 3 ribu untuk mandi atau buang air besar. Bahkan, di sejumlah tempat, ada yang harus membayar hanya untuk wudu sebelum beribadah salat.

Nah, hal ini ternyata mendapatkan tanggapan dari Pertamina, lo. Kalau menurut Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III PT Pertamina Eko Kristiawan menyebut biaya membayar toilet di POM Bensin sebenarnya nggak wajib. Kalau memang mau membayar uang usai memakai toilet tersebut, sifatnya sukarela.

“Di SPBU default-nya toilet nggak bayar dan sifatnya sukarela,” ujar Eko, Kamis (18/11/2021).

Jadi, sebenarnya, kalau kamu mau membayar usai memakai toilet di SPBU, boleh-boleh saja untuk dilakukan. Sebaliknya, kalau kamu nggak mau membayarnya, juga sebenarnya nggak apa-apa.

Meski begitu, ada juga lo toilet yang harus dibayar di SPBU, hanya toilet ini adalah yang berjenis eksklusif. Untungnya sih, ya kebanyakan toilet yang disediakan di SPBU sebenarnya gratis.

Ternyata, nggak harus bayar tarif toilet SPBU Pertamina kalau habis memakainya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ternyata, nggak harus bayar tarif toilet SPBU Pertamina kalau habis memakainya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Lantas, bagaimana jika ada SPBU yang memasang tarif bagi pelanggan yang ingin memakainya? Kalau soal ini sudah tanggung jawab di masing-masing SPBU. Biasanya sih untuk membantu biaya kebersihan.

Eko Juga Menjelaskan Perbedaan Warna SPBU

Nggak hanya menjelaskan soal biaya penggunaan toilet SPBU, Eko juga memberikan penjelasan soal warna SPBU yang berbeda-beda. Kalau kamu cermati, ada yang warnanya merah, hijau, serta biru.

Nah, khusus untuk SPBU dengan warna biru, masuk dalam jenis SPBU Pasti Prima. Fasilitasnya lebih lengkap karena ada toilet, tempat ibadah, tempat pengisian angin ban, hingga minimarket. Ada juga ATM, kafe, dan lain-lain. Jadi, nggak hanya tempat isi BBM, SPBU ini sifatnya mirip seperti rest area.

Nah, kalau SPBU warna merah, masuk dalam jenis SPBU Pasti Pas yang sudah ada sejak 2006. Di sini, takaran BBM yang diberikan ke pelanggan sudah dijamin, Millens.

Ada juga SPBU hijau yang berkonsep Green Energy Station alias GES. Kalau yang ini sih masih baru, Millens. Namun, ke depannya, SPBU ini bakal mengedepankan energi dan pelayanan yang ramah lingkungan. Contohlah, sumber energinya sudah memakai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Selain itu, di masa depan, SPBU hijau ini bisa jadi tempat pengisian kendaraan dengan bahan bakar listrik, deh.

Jadi, sudah jelas kan soal apakah harus bayar toilet di SPBU Pertamina apa nggak, Millens?(Kom/IB09/E05)