Batu Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia! Di Mana?

Batu Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia! Di Mana?
Bukit Kelam, batu terbesar di dunia yang ada di Sintang, Kalimantan Barat. (Instagram/markariuskrismade)

Batu terbesar di dunia jauh lebih besar dari ukuran rumah atau gedung. Siapa menyangka, batu itu ada di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Seperti apa ya batu raksasa ini?

Inibaru.id – Pernahkah kamu mengira-ira, seberapa besar batu terbesar di dunia ini? Kalau kamu berpikir batu seukuran rumah sudah sangat besar, kamu salah, karena di dunia ini ada satu batu besar bernama Ayers Rock yang terkenal. Bahkan, batu terbesar di dunia dipercaya ada di Indonesia.

Sebagai informasi, Ayers Rock merupakan salah satu keajaiban alam Benua Australia, berupa batu monolit berbentuk bukit tunggal setinggi 348 meter yang jika diukur panjangnya mempunyai keliling 9,4 kilometer. Selama ini Ayers Rock dianggap sebagai batu terbesar.

Bukit Kelam dari kejauhan. (Instagram/sintang.bagak)
Bukit Kelam dari kejauhan. (Instagram/sintang.bagak)

Namun, Ayers Rock bukanlah satu-satunya batu terbesar, karena di Indonesia, kamu bisa menjumpai Batu Kelam, yang kalau berada di puncaknya, berarti kamu tengah berdiri pada ketinggian 1.000 mdpl. Saking tingginya, masyarakat setempat menyebutnya Bukit atau Gunung Kelam.

Bukit Kelam berlokasi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Berlokasi nggak jauh dari dua sungai terkenal di Kalimantan yakni Melawai dan Kapuas, lokawisata indah ini menjadi satu kawasan hutan wisata menjadi tempat favorit para pelancong, pemanjat tebing, dan para penyuka tantangan.

Bukit kelam kalau dilihat dari satelit. (Maps.google)<br>
Bukit kelam kalau dilihat dari satelit. (Maps.google)

Ketinggian Bukit Kelam mencapai 1.002 mdpl dengan luas mencapai 520 hektare. Ukuran batu ini jauh lebih besar dari Uluru alias Ayers Rock yang "hanya" setinggi 863 meter.

Bukit Kelam terlihat sangat indah kalau dinikmati dari kejauhan. Warna batunya yang gelap sangat kontras dengan pemandangan hijau nan asri di sekitarnya. Selain itu, batu monolit tersebut juga bisa didaki, lo, Millens.

Nggak perlu bingung gimana mendakinya, karena ada tangga buatan yang bisa kamu naiki sampai puncak. Hm, terasa asyik kali di puncak bukit sembari menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Nggak perlu takut, untuk mencapai puncak, kamu bisa naik tangga yang ada sisi Bukit Kelam. (Reportasenews)
Nggak perlu takut, untuk mencapai puncak, kamu bisa naik tangga yang ada sisi Bukit Kelam. (Reportasenews)

Ada banyak sekali desas-desus terkait dengan asal dari Bukit Kelam. Ada yang menyebut batu ini sebenarnya adalah meteor yang jatuh di Sintang pada zaman dahulu. Selain itu, ada juga cerita rakyat yang menyebut batu raksasa ini sebenarnya akan digunakan oleh Suku Dayak kuno untuk menutup Sungai Kapuas.

Gimana, tertarik untuk mendaki Bukit Kelam, Millens? Hm, dibanding batu kerikil yang ada di depan rumahmu, Batu Kelam berapa kali lipat lebih besar ya? Ha-ha. (Tra/IB09/E03)