Baterai Adalah Kunci, Tips Merawat Mobil Mini 4WD Biar Awet

Baterai Adalah Kunci, Tips Merawat Mobil Mini 4WD Biar Awet
Mobil 4WD memiliki banyak spare part penting. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kata Buyung Marbudi selaku pemilik Terminal Tamiya, merawat baterai lebih diutamakan dibanding bagian mobil mini 4WD lainnya. Pasalnya, baterai merupakan komponen paling penting.

Inibaru.id - Membeli barang memang gampang, merawatnya yang sulit. Banyak orang akhirnya kehilangan benda yang mereka miliki karena malas merawat.

Begitu pula dengan mobil mini 4WD. Mainan mobil balap bertenaga baterai itu bisa rusak kalau kamu cuma asyik memainkannya tanpa diselingi perawatan. Buyung Marbudi selaku pemilik toko Terminal Tamiya saat ditemui di kiosnya pada Sabtu (7/3) siang membeberkan tips bagaimana merawat mobil 4WD.

Sesuaikan lintasan dengan kecepatan ya, Millens. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Sesuaikan lintasan dengan kecepatan ya, Millens. (Inibaru.id/ Audrian F)

Pahami Lintasan

Memahami bagaimana bentuk lintasan jadi salah satu tips untuk merawat mobil 4WD. Apa hubungannya? Begini, ketidaksesuaian mobil dan lintasan berpotensi membuat mobil keluar lintasan.

“Kalau keluar lintasan, bodi mobil bisa lecet-lecet dan bisa pecah. Begitupun dengan spare part-nya yang bisa hancur seketika,” kata Buyung.

Kuncinya pada Baterai

Baterai merupakan komponen paling penting pada mobil mini 4WD. Sebab tanpa baterai mobil nggak akan jalan. Buyung juga menyampaikan perawatan baterai lebih urgent ketimbang bodi dan suku cadang.

Salah satu perawatan paling sederhana buat baterai adalah lepas baterai selepas menggunakan mobil mini 4WD. Alasannya kalau baterai tetap terpasang dikhawatirkan masih ada arus yang tersisa. Arus tersebut bisa membuat dinamo mobil terbakar.

Merawat baterai lebih diutamakan ya. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Merawat baterai lebih diutamakan ya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kelola Voltase

Untuk merawat baterai, voltase harus diperhatikan juga. Hal ini memang sering diabaikan oleh para pemilik mobil mini 4WD. Buyung mengingatkan untuk mengelola voltase baterai kalau mobil sedang nggak dipakai.

“Kalau menyimpan dalam waktu yang lama sebaiknya segera kurangi voltase dengan voltmeter. Jika tidak dikurangi voltase yang tersimpan bisa membuat daya baterai cepat habis,” jelasnya.

Kalau mau mencari spare part bisa ke Terminal Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Kalau mau mencari spare part bisa ke Terminal Tamiya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Simpan Baterai di Tempat Sejuk

Baterai lagi-lagi menjadi prhatian Buyung. Dia juga menambahkan untuk memperhatikan penyimpanan baterai. Dia mengimbau untuk nggak menyimpan baterai di bawah sinar matahari. Menurutnya itu bukan akan menambah daya baterai sebagaimana info-info yang beredar. Melainkan malah bisa merusak komponen dalam beterai tersebut.

“Pokoknya jauhkan dari sinar matahari saja,” tandasnya.

Nah jadi itu cara merawat mobil mini 4WD ya, Millens. Jangan asal beli, merawat ogah ya, Millens. (Audrian F/E05)