Batasan Usia Anak Boleh Memakai Media Sosial

Batasan Usia Anak Boleh Memakai Media Sosial
Ada batasan usia anak boleh memakai media sosial. (Flickr/ Nenad Stojkovic)

Kini, banyak anak yang sudah memakai media sosial di usia dini. Mengingat media sosial juga memiliki banyak sisi negatif, di usia berapa sebaiknya mereka baru boleh mulai memakainya?

Inibaru.id – Zaman sudah benar-benar berubah. Jika dulu gawai seperti ponsel atau komputer lebih sering dipakai orang dewasa, kini anak-anak sudah banyak yang memakainya. Namun, apakah anak boleh memakai media sosial?

Kamu tahu sendiri kan media sosial itu memiliki dua sisi. Kalau dipergunakan dengan baik, bisa memberikan banyak manfaat. Namun, di sisi lain, media sosial juga bisa memberikan pengaruh buruk, baik itu dalam hal kesehatan mental, perilaku, dan lain-lain. Meski begitu, tetap saja banyak pakar yang menyarankan anak-anak untuk nggak memakai media sosial.

Kamu pasti pernah mendengar kasus perundungan, kekerasan, pelecehan, atau bahkan eksploitasi anak di media sosial, bukan? Hal ini nggak bisa dianggap sepele, lo, Millens. Sudah banyak korban berjatuhan dan hal ini harus segera dihentikan. Karena alasan inilah, meskipun penggunaan media sosial bisa diawasi orang tua, sebaiknya anak-anak nggak boleh memakai media sosial.

Jadi, berdasarkan sebuah penelitian yang diungkap dalam jurnal Computers in Human Behavior, disebutkan bahwa para peneliti membandingkan kondisi remaja yang memakai media sosial sebelum berusia 11 tahun dengan remaja yang baru mulai memakainya usai 11 tahun. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan, lo, Millens.

Anak yang memakai media sosial sejak dini rentan mengalami banyak masalah di dunia maya. (Flickr/

Enoch Leung)
Anak yang memakai media sosial sejak dini rentan mengalami banyak masalah di dunia maya. (Flickr/ Enoch Leung)

Jadi, para remaja yang sudah memakai media sosial sebelum 11 tahun cenderung nggak simpatik dan lebih memungkinkan untuk jadi korban pelecehan seksual, baik itu daring ataupun yang dimulai gara-gara media sosial. Wih, hal ini ternyata cukup mengerikan, ya?

Melihat fakta ini, para peneliti pun meminta para orang tua untuk selalu berhati-hati dan mengawasi anak-anaknya yang memakai ponsel. Apalagi jika sampai sudah memakai media sosial. Pastikan untuk mengetahui password mereka, atau setidaknya sering mengecek apa yang ada di lini masa media sosial, percakapan dengan pengguna media sosial lain, dan riwayat penelusurannya di internet.

Selain itu, orang tua juga diminta untuk sering memberikan pengertian tentang apa yang diperbolehkan dan apa yang nggak diperbolehkan saat bermain di dunia maya, termasuk saat memakai media sosial.

Ingat, meski banyak media sosial membatasi penggunanya di atas 13 tahun, tetap saja banyak anak yang memalsukan usianya hanya demi bisa membuat akun. Jadi, sebaiknya memang orang tua jauh lebih cermat dalam mengawasi hal ini.

Nah, sudah tahu kan batasan usia anak boleh memakai media sosial? Sebaiknya ikuti saja deh batasan yang ditetapkan di platform yakni 13 tahun demi mencegah hal-hal yang nggak diinginkan. Ok, Millens (Kom/IB09/E05)