Batas Aman Memakai Ponsel Dalam Sehari, Maksimal Berapa Lama?

Batas Aman Memakai Ponsel Dalam Sehari, Maksimal Berapa Lama?
Memakai ponsel seharian boleh-boleh saja, asal nggak terus-terusan dan berlebihan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Biar nggak memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu, kamu harus tahu batasan maksimal memakai ponsel seharian. Kira-kira, seberapa lama, ya?

Inibaru.id – Memakai ponsel seharian kini sudah jadi hal yang wajar dilakukan siapa saja. Masalahnya, banyak orang yang nggak sadar kalau pemakaian ponselnya sudah berlebihan. Padahal, kalau hal ini sering dilakukan, bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, lo.

Kalau menurut penelitian yang terbit pada 2018 lalu berjudul International Data Corporation (IDC), disebutkan bahwa pengguna ponsel langsung mengecek ponselnya dalam kurun waktu 5 menit setelah bangun pagi. Intinya sih, sejak bangun tidur kita bahkan sudah “menggantungkan hidup” kita pada ponsel, ya Millens.

Dalam kurun waktu 2012 sampai 2018, jumlah pengguna internet, khususnya mobile, meningkat dengan signifikan. Bahkan, menurut Asosiasi Pengguna Jasa dan Internet Indonesia (APJII), saat layanan 4G sudah masuk ke Tanah Air, terjadi peningkatan angka pengguna internet sampai 50 persen! Setelahnya, jumlah pengguna internet di Indonesia makin tinggi.

Dari total populasi Indonesia yang sudah lebih dari 268 juta orang, setidaknya lebih dari 143 juta adalah pengguna internet dengan lebih dari separuh di antaranya, yakni 50,8 persen adalah pemakai ponsel pintar. Bahkan, lebih dari 94 persen dari generasi muda berusia 20 sampai 35 tahun sudah terkoneksi dengan internet.

Nah, kalau soal penggunaan ponsel pintar, lebih dari 98 persen dari generasi milenial ini memakainya 7 jam dalam sehari. Sementara itu, 79 persen dari mereka memakai ponselnya dalam kurun waktu 1 menit usai bangun tidur.

Berlebihan memakai ponsel buruk bagi kesehatan fisik dan mentalmu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Berlebihan memakai ponsel buruk bagi kesehatan fisik dan mentalmu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski terlihat sebagai sesuatu yang wajar, sebenarnya apa yang biasa kita lakukan ini kurang baik bagi kesehatan, lo. Terlalu lama memakai ponsel seharian bisa menyebabkan peningkatan risiko terkena neuropati atau rusaknya saraf tepi. Mata juga berisiko mengalami masalah. Selain itu, terlalu banyak memakai ponsel juga bisa membuat kesehatan mentalmu memburuk, lo.

Batasan Memakai Ponsel Seharian

Sebenarnya, hingga sekarang belum ada batasan yang pasti soal seberapa lama maksimal kita bisa memakai ponsel seharian. Namun, bagi anak dengan usia kurang dari 14 tahun, ada baiknya tidak memakainya lebih dari dua jam. Jika lebih, bisa jadi kemampuan interaksi dan motoriknya bisa mengalami penurunan.

Kalau orang dewasa, sebenarnya cukup fleksibel, Millens. Asalkan nggak terus-terusan memakainya, sebenarnya nggak akan memberikan dampak buruk. Sebagai contoh, jika kita memakainya dalam kurun waktu 8 jam namun tidak selalu memegangnya atau hanya sesekali memainkannya, hal ini jelas lebih aman dari penggunaan 4 jam secara terus-menerus.

Agar mata tidak mudah lelah atau mengalami kerusakan, ada baiknya kamu juga memakai mode gelap atau mode malam saja. Pastikan juga bahwa kamu sering berkedip saat memakai gawai apapun sehingga mata nggak mudah kering atau lelah.

Jadi, sudah tahu kan tips sehat memakai ponsel seharian, Millens? Jangan berlebihan, ya? (Kom/IB09/E05)