Akibat Banjir, Ribuan Warga Batang dan Pekalongan Mengungsi

Akibat Banjir, Ribuan Warga Batang dan Pekalongan Mengungsi
Ribuan warga Batang dan Pekalongan mengungsi akibat banjir. (Antara Foto/Rony Muharrman)

Curah hujan tinggi mengakibatkan sebagian wilayah di Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan terendam Banjir. Sebanyak 4.000 warga diketahui mengungsi.

Inibaru – Akibat hujan deras, sebagian wilayah di Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan, Jawa Tengah terendam banjir pada Minggu (27/1/2019). Sebanyak 4.000 warga dari dua wilayah itu harus mengungsi karena ketinggian banjir mencapai 70 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang Ulul Azmi mengatakan, warga yang wilayahnya terendam banjir setinggi 70 sentimeter diungsikan ke sembilan titik. Jumlah warga tersebut mencapai 1.000 orang.

“Minggu (27/1) sore, sebagian para pengungsi sudah pulang ke rumahnya meski kondisi rumah masih terendam banjir. Kemungkinan mereka tidak betah beristirahat di lokasi pengungsian,” ujar Ulul Azmi seperti ditulis Anataranews.com, Minggu (27).

Sementara itu, sekitar 3.000 warga lainnya mengungsi di sejumlah titik pengungsian seperti Masjid Alkaromah, Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), GOR Jetayu, Aula kecamatan dan kelurahan.

“Hampir semua kelurahan di empat kecamatan itu (Pekalongan Utara, Pekalongan Barat, Pekalongan Timur, dan sebagian Pekalongan Selatan) terendam bajir,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan Suseno.

Hingga kini, baik Pemerintah Kota Pekalongan maupun Pemerintah Kabupaten Batang sudah menyiapkan dapur umum dan memberikan bantuan logistik kepada para korban banjir. Selain itu, petugas kesehatan juga disiapkan untuk menangani berbagai keluhan para pengungsi.

Duh, sejumlah wilayah sudah terendam banjir, nih. Semoga lekas surut ya supaya warga bisa beraktivitas normal kembali. Oh iya, musim hujan begini jangan lupa jaga kesehatan, ya, Millens! (IB24/E04)