Batal Bepergian, Begini Cara Refund Tiket Kereta

Batal Bepergian, Begini Cara Refund Tiket Kereta
Ilustrasi refund tiket kereta api. (Twitter.com)

Bepergian menggunakan kereta api dianggap paling praktis dan cepat. Namun jika ada urusan mendadak yang mengharuskan kamu untuk nggak pergi dan membatalkan tiket, gimana ya? Jangan khawatir, berikut cara refund tiket kereta api!

Inibaru.id - Kereta api menjadi angkutan dengan jumlah penumpang terbanyak di Indonesia dengan berbagai kelas yang bisa kamu pilih. Namun ada saja berbagai hambatan yang memaksamu untuk membatalkan tiket. Eits, tahukah kamu mengetahui cara mendapatkan dana pengembalian (refund) setelah membatalkan tiket?

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk refund tiket kereta api.

Mengisi Formulir

Mengisi formulir. (Grannymar.com)
Mengisi formulir. (Grannymar.com)

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendatangi loket pembatalan tiket yang ada di stasiun. Kemudian isilah formulir berisi nama, alamat, nomor telepon, nomor kode booking, dan biaya pengembalian tiket yang diberikan oleh petugas. Kamu bisa memilih metode refund dengan dua cara yakni transfer atau tunai.

Serahkan Formulir ke Loket

Loket pembatalan tiket. (Kompas/ Nicholas Ryan Aditya)
Loket pembatalan tiket. (Kompas/ Nicholas Ryan Aditya)

Setelah mengisi formulir, kemudian pergilsh ke ruangan loket pembatalan dan kamu akan dilayani oleh customer service yang bertugas. Customer service akan melayani pembatalan dan refund tiket milikmu  dengan mendata seluruh administrasi yang dibutuhkan.

Refund Tiket

Selesaikan administrasi di meja customer service ya! (Medium)
Selesaikan administrasi di meja customer service ya! (Medium)

Selanjutnya, customer service akan memberitahumu mengenai pengembalian biaya tiket. Pengembalian biaya tiket dilakukan di stasiun yang ditentukan dengan membawa formulir pendaftaran yang telah divalidasi dengan tetap menunjukkan identitas aslimu. Biaya refund akan ditransfer hari ke-30 setelah pembatalan tiket. Atau kamu bisa datang ke stasiun dengan membawa formulir untuk mengambilnya secara tunai.

Sebagai informasi, biaya refund yang kamu terima hanya 75% dari harga tiket ya, Millens. Oh ya, kamu bisa melakukan pembatalan dan refund maksimal 30 menit sebelum keberangkatan ya. (IB24/E06)