Baru Diresmikan, Ini 5 Fakta Tentang Tol Trans Jawa

Baru Diresmikan, Ini 5 Fakta Tentang Tol Trans Jawa
Tol Trans Jawa Telah diresmikan (Tribunnews)

Menyambut libur panjang akhir tahun 2018, megaproyek tol Trans Jawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa akhirnya diresmikan dan siap dilalui masyarakat. Berikut fakta-fakta dibalik rampungnya tol Trans Jawa.

Inibaru.id - Jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa akhirnya rampung. Jalan bebas hambatan yang membentang dari Merak hingga Surabaya itu diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (20/12/2018). Saat acara peresmian itu, Presiden Jokowi dan rombongan sekaligus menjajal medan jalan trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang.

Saat ini, ada tujuh ruas tol bagian Trans Jawa yang sudah diresmikan dan dibuka secara gratis. Empat di antaranya berada di wilayah Jawa Tengah, sedangkan tiga lainnya di wilayah Jawa Timur.

Berikut sejumlah fakta menarik tentang jalan tol Trans Jawa.

Menghubungkan Ujung Barat dan Ujung Timur Pulau Jawa

JalurTolTransJawa(Katadata)

Jalur Tol Trans Jawa. (Katadata)

Jalan tol ini membentang dari Pelabuhan Merak hingga Tanjung Priok Surabaya yang berarti menghubungkan ujung barat dan timur Jawa. Dengan adanya tol Trans Jawa ini, tentunya masyarakat lebih mudah mengakses kota-kota di Pulau Jawa seperti ditulis Viva.co.id (17/4/2018)

Sempat Mengalami Stagnansi

Pembangunan jalan tol Trans Jawa sempat mengalami stagnasi. (Tempo/Muhammad Adimaja)

Jalan tol Trans Jawa mulai dibangun sejak 1995. Namun, proyek besar ini sempat terhenti saat krisis melanda Indonesia pada 1998. Setelah 17 tahun berlalu, proyek ini akhirnya kembali diteruskan pada 2015 dan rampung pada 2018.

Membentang Sejauh 870 Kilometer

RuasTolTransjakarta(Liputa6)

Jalanan tol Trans Jawa membentang sejauh ratusan kilometer. (Liputan6)

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), panjang ruas tol Trans Jawa ini mencapai 870 kilometer. Sepanjang 640 kilometer sudah beroperasi. Sementara itu, sisanya sudah siap untuk dilewati. Wah, panjang banget ya, Millens.

Tujuh Ruas Tol Masih Gratis

RuasJalanTolTransjakarta(Jawapos)

Ruas jalan tol Trans Jawa. (Jawa Pos)

Merdeka.com, Kamis (21/12) menulis, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Harry Trisaputra mengatakan tujuh ruas tol yang sudah diresmikan bakal digratiskan hingga akhir Desember 2018. Ketujuh ruas tol tersebut antara lain, empat ruas tol di wilayah Jawa Timur meliputi ruas Wilangan–Kertosono, ruas Kertosono-Bandar, Relokasi ruas Porong-Gempol, dan ruas Pasuruan-Grati. Sementara itu, tiga lainnya berada di wilayah Jawa tengah meliputi ruas Pemalang-Batang, ruas Batang-Semarang, dan ruas Salatiga-Kartasura.

Stand Produk Lokal UKM di Setiap Rest Area

RestArea(youngster)

Lapak-lapak pelaku UKM di rest area tol Trans Jawa. (Youngster)

Sebanyak 61 rest area disediakan di sepanjang jalan tol Trans Jawa. Nggak hanya restoran cepat saji atau restoran terkenal, di setiap rest area juga disedikan lapak-lapak untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Diharapkan, lapak-lapak tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para pelaku UKM.

Sekarang nggak perlu pusing lagi kalau mau liburan menggunakan kendaraan pribadi di Pulau Jawa. Kamu bisa memanfaatkan Trans Jawa ini selagi masih banyak yang gratis hingga akhir tahun nanti. (IB22/E04)