Baru Bebas, Youtuber Ferdian Paleka Bikin Sensasi Lagi

Baru Bebas, Youtuber Ferdian Paleka Bikin Sensasi Lagi
Youtuber Ferdian Paleka bebas dari Mapolrestabes Bandung. (Detik/Dony Indra Ramadhan)

Setelah ditahan sekitar satu bulan, Youtuber Ferdian Paleka dibebaskan. Hanya, baru saja bebas, Ferdian langsung mengeluarkan kontroversi dan berulah lagi. Apa sih yang diucapkannya?

Inibaru.id – Pasca ditahan sejak 8 Mei 2020 lalu, Youtuber Ferdian Paleka dinyatakan bebas pada Kamis (4/6/2020). Para korban prank video sembako berisi sampah telah mencabut laporan mereka, sehingga Ferdian bisa bebas dari jeruji besi Mapolrestabes Bandung, Jawa Barat.

"Iya. Dasarnya yang pasti pencabutan aduan dan laporan dari korban pada kami yang diterima seminggu yang lalu. Itu jadi dasar kami untuk mengeluarkan para tahanan," kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri.

Galih menjelaskan, Ferdian dan teman-temannya terjerat pasal 45 ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal yang disangkakan ini adalah tindak pidana yang sifatnya diproses berdasar pengaduan korban (delik aduan).

Kebebasan Ferdian Paleka dijemput dengan sedan hitam. (Tribun Jabar/Mega)<br>
Kebebasan Ferdian Paleka dijemput dengan sedan hitam. (Tribun Jabar/Mega)

Nggak hanya Ferdian yang dibebaskan, dua temannya Tubagus Fahdinar dan M Aidil juga dikeluarkan. Para tahanan yang masih berusia muda ini didampingi keluarga dan pengacara, Rohman Hidayat. Mereka meninggalkan Mapolrestabes Bandung menggunakan sedan hitam, kendaraan yang dipakai untuk membuat video prank waria.

Pada 1 Mei 2020 lalu, Ferdian juga telah mengungkapkan permintaan maafnya pada para korban prank sembako sampah. Dia mengaku sangat menyesal atas perbuatan yang dilakukan bersama teman-temannya itu dan berjanji nggak akan mengulangi hal serupa.

"Saya Ferdian Paleka mewakili teman-teman semuanya meminta maaf telah membuat konten prank bansos sampah pada transpuan Kota Bandung,” ungkapnya.

Sayangnya, baru beberapa jam setelah menghirup udara bebas, Ferdian kembali membuat sensasi di media sosial Twitter dan Instagram. Dia membuat video viral memakai kaos yang sama saat keluar dari tahanan, dus tampak nggak mempedulikan protokol pencegahan Covid-19. Ferdian nggak menggunakan masker saat ada di luar ruangan.

Ferdian berjanji nggak akan mengulangi perbuatannya lagi. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)<br>
Ferdian berjanji nggak akan mengulangi perbuatannya lagi. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)

Dalam video itu, Ferdian mengatakan jika dirinya lebih betah di dalam penjara.

“Di dalem saya sangat betah, lebih betah di dalem," ucapnya sambil tertawa.

Sebelum Youtuber asal Bandung itu meninggalkan Mapolrestabes Bandung, Ferdian membuat pengakuan pula terkait pengalaman, perasaan, dan ekspresi dia selama di penjara. Dia mengaku merasa lega, senang, dan sensasi campur aduk lainnya. Usai bebas, dia pengin berdiam di rumah dulu.

Ke depan dia pun akan memperbaiki konten yang dibuat. Dia berjanji akan memberi konten yang positif dan mendidik.

"Ke depannya liat nanti aja, kalaupun bikin konten lagi pasti yang lebih positif," ujarnya.

Apakah janji Ferdian bisa dibuktikan ya, Millens? Semoga saja ya! (Det/MG26/E07)