Keseruan Para Barista Cilik yang Menyeduh Kopi di KnK Koffee Resources

Bagaimana jika anak-anak diajari menjadi barista dalam sehari? Mereka belajar roasting, grinding, brewing, hingga serving kopi sendiri. Menarik sekali!

Keseruan Para Barista Cilik yang Menyeduh Kopi di KnK Koffee Resources
Para barista cilik tengah beraksi memperhatikan proses menyangrai kopi. (Inibaru.id/Ida Fitriyah)

Inibaru.id - Kopi enak ditentukan oleh dua hal, yakni pemilihan biji kopi dan keahlian baristanya. Dibutuhkan proses yang lumayan njelimet sebelum secangkir kopi tersaji di hadapan kita, mulai roasting, grinding, brewing, hingga serving. Kamu tahu tentang hal ini?

Kalau nggak tahu, kamu kalah sama para barista cilik ini, Millens. Mengikuti Barista Kids Class di KnK Koffee Resources, Semarang, pada Jumat (22/12/2017), sebanyak 14 anak diajari seluk-beluk gimana menjadi barista yang keren.

Mereka berkenalan dengan tanaman dan biji kopi (greenbean). Bocah-bocah ini juga diberi tahu cara menyangrai (roasting) kopi, menggiling (grinding), menyeduh (brewing), hingga menyajikan (serving).

Sehabis diseduh, sejumlah anak bahkan mencoba mencicipi kopi bikinannya tersebut. Reaksi mereka? Ada yang mengernyitkan dahi, merasakan pahit, tapi ada juga yang langsung tersenyum. Wah, lucu banget ya!

Baca juga:
Ketika Sirine Mal Ciputra Semarang Berdering Kencang
Dwina Akhirnya Datangi KPK

Ketua panitia sekaligus pemilik KnK Koffee Resources Nurul Hidayah menuturkan, sudah sejak lama dia tertarik membuat kegiatan untuk anak-anak.

“Saya suka anak-anak. Saya juga punya anak. Nah, kebetulan saya punya kedai kopi. Saya pun kepikiran membuat kelas barista. Ide saya ternyata disambut baik oleh teman-teman,” ujar perempuan berhijab itu.

Nggak cuma para barista cilik, orang tua yang mengantar mereka juga turut terlarut dalam kegiatan yang dilangsungkan di Jalan Dewi Sartika, Gunungpati, Semarang ini.

“Saya pengin liburan anak saya bermanfaat. Nah, kegiatan ini menurut saya tepat,” ungkap Lia, orang tua peserta kelas barista ini.

Baca juga:
Tanaman yang Akan Menggantikan Lampu
Hoaks Isu Permen Susu Narkoba di Banyumas

Lia mengaku mengetahui acara tersebut dari komunitas sesama orang tua. Ibu dari Ralip itu tertarik, kemudian mendaftarkan anaknya mengikuti kelas barista.

Wah, kalau kecil-kecil gini sudah ahli bikin kopi, gedenya bisa jadi barista andal kali ya. Ha-ha. Tetap kreatif ya, Nak! (IF/GIL)