Barang-Barang yang Harus Kamu Persiapkan Menjelang Malam Iktikaf

Barang-Barang yang Harus Kamu Persiapkan Menjelang Malam Iktikaf
Peralatan pribadi perlu disiapkan untuk membantu kelancaran beribadah di malam iktikaf.(ikhtiarislami)

Menginap di masjid untuk menunaikan ibadah di malam iktikaf memerlukan perkakas untuk menunjang kesempurnaan ibadah. Memang apa saja yang sebaiknya perlu kamu bawa?

Inibaru.id - Bermalam di masjid atau iktikaf selama 10 malam ganjil di bulan Ramadan merupakan salah satu upaya untuk lebih memaksimalkan ibadah. Mereka yang melalukan iktikaf bertujuan mencari malam lailatul qadar. Malam ini memiliki keutamaan lebih baik daripada 1000 bulan sehingga penuh ampunan dan rahmat untuk umat muslim yang bermunajat kepada Allah SWT. Di malam ini pula Alquran diturunkan. Nah kalau kamu mau mencari malam lailatul qadar dengan melakukan iktikaf di masjid, sebaiknya kamu siapkan juga barang-barang berikut!

Perlengkapan Salat

Perlengkapan salat sesuai kebutuhan masing-masing tentunya adalah salah satu aspek yang nggak biasa ditinggalkan. Antara lain seperti sarung/celana panjang, sajadah dan mukena.

Alquran

Iktikaf disarankan memperbanyak membaca alquran. Lebih baik lagi jika membawa alquran yang juga memiliki artinya supaya selain membaca juga dapat memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Tasbih

Tasbih adalah salah satu perkakas agar kamu selalu ingat kepada Allah SWT dan nggak henti untuk menyebut nama-Nya di setiap waktu. Selain itu berzikir bisa menenangkan hati.

Sweater/Jaket

Sweater atau jaket dibutuhkan supaya pada saat bermalam di masjid bisa melindungi kamu dari hawa dingin di sepanjang malam. Diharapkan dengan membawa itu tubuhmu terhindar dari penyakit yang nggak diinginkan.

Selain itu jika mengenakan jaket dapat menutup aurat dengan sopan di rumah Allah SWT.

Sikat, Pasta Gigi dan Facial Foam

Menjaga kebersihan diri hukumnya adalah wajib. Karena selain kebersihan adalah bagian dari iman, menjaga kebersihan diri juga diperlukan agar saat berinteraksi dengan orang lain kita tetap menjaga adab dalam berkomunikasi.

Makanan Buat Sahur

Sedia makan buat sahur juga wajib diperhatikan saat menjalani iktikaf. Meskipun di tempat iktikaf biasanya sudah disediakan makanan buat sahur, namun alangkah baiknya kamu juga membawa makanan sendiri seperti kurma atau air putih yang mudah dalam pengemasannya.

Gawai

Gawai digunakan hanya untuk seperlunya saja, seperti mendengarkan murottal quran ketika sedang menunggu salat, ngaji melalui quran elektronik, lalu mencatat evaluasi diri yang sekiranya bakal diminta dan diadukan oleh Allah SWT.

Selepas itu semua, gawai sebaiknya perlu dibatasi penggunaannya suapay kamu lebih fokus beribadah.

Nah, itulah berbagai macam barang yang wajib kamu bawa saat mengikuti iktikaf. Catat dan jangan lupa ya, Millens!(IB28/E05)