Banyak yang Nggak Tahu, Begini Cara Terbaik Menyimpan Telur di Kulkas

Banyak yang Nggak Tahu, Begini Cara Terbaik Menyimpan Telur di Kulkas
Menyimpan telur di kulkas harus diperhatikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ternyata, cara menyimpan telur di kulkas yang selama ini kita lakukan salah, lo. Lantas, seperti apa sih yang benar? Begini tipsnya.

Inibaru.id – Di kulkas alias lemari es, ada bagian khusus di bagian pintu untuk tempat menyimpan telur. Tempat itu berisi lubang-lubang yang bisa pas dimasuki telur. Masalahnya, ternyata banyak orang yang belum tahu cara terbaik menyimpan telur di kulkas.

Kamu pasti pernah mendengar saran yang menyebut telur sebaiknya nggak dicuci dulu sebelum ditempatkan di kulkas. Hal ini masih jadi perdebatan banyak orang. Logikanya, telur pasti terlihat kotor saat dibeli. Bagaimana mungkin telur-telur ini langsung diletakkan di dalam kulkas, bukan?

Lisa Steele, penulis buku berjudul Fresh Eggs Daily sama sekali nggak menyarankan kita untuk mencuci cangkang telur yang baru dibeli. Hal ini disebabkan oleh sudah adanya lapisan pelindung di bagian luar cangkang bernama lapisan kutikula. Fungsi dari kutikula adalah mencegah paparan bakteri yang bisa merusak cangkang dan bagian dalam telur yang kita konsumsi.

Kalau kita mencucinya, maka lapisan ini justru akan rusak. Alhasil, telur justru lebih rentan terpapar bakteri. Jika kita memasak telur setengah matang atau menjadikannya telur mata sapi, misalnya, dikhawatirkan telur ini masih memiliki bakteri yang kurang baik bagi kesehatan.

Karena alasan ini, Lisa justru lebih menyarankanmu menempatkan telur di keranjang di suhu ruangan saja. Biarkan saja dalam kondisi kotor di tempat tersebut. Kalau kamu ingin memasaknya, barulah kamu mencucinya terlebih dahulu.

Telur juga sebaiknya nggak dicuci sembarangan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Telur juga sebaiknya nggak dicuci sembarangan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tips Menempatkan Telur di Kulkas

Meski begitu, kalau kamu nggak punya tempat lain untuk menempatkan telur, boleh-boleh saja menempatkannya di dalam kulkas. Meski begitu, kamu nggak bisa menempatkannya dengan sembarangan. Posisi telur ternyata berpengaruh besar pada kecepatannya dalam membusuk.

Hal ini diungkap oleh seorang peternak telur dari Nebraska, Amerika Serikat bernama Noah Young. Dia menjelaskan bentuk telur yang berbeda di mana bagian atas cenderung lebih runcing di bagian bawah. Kalau kamu merebus telur, pasti akan menemukan ada bagian rongga kosong di bagian dalam cangkang. Nah, rongga kosong berisi udara ini ternyata sangat penting, lo.

Rongga ini berfungsi sebagai pelindung bagian kuning telur dari bakteri. Demi memastikan rongga udara ini tetap berfungsi, Noah pun menyarankan kita untuk menempatkan bagian runcing telur di bawah saat ditempatkan di kulkas.

“Sel udara ini sebenarnya berfungsi sebagai pelindung dari bakteri layaknya salmonella nggak bisa mencapai kuning telur,” terang Noah, Rabu (21/4/2021).

Kalau kita menempatkan telur dengan cara biasa, yakni dengan menempatkan bagian tumpulnya di bawah, maka udara akan secara perlahan terangkat karena pengaruh gravitasi. Jika hal ini terjadi, maka bakteri bisa saja dengan mudah mendekati kuning telur.

Dengan menempatkan telur dengan bagian runcing di bagian bawah, diharapkan telur bisa jadi lebih awet dan nggak mudah busuk, Millens. Gimana, udah paham kan? (Oke/IB09/E05)