Banyak Masker Medis Palsu, Ini Tips Biar Nggak Tertipu!

Banyak Masker Medis Palsu, Ini Tips Biar Nggak Tertipu!
Banyak masker palsu di pasaran. Lantas, bagaimana cara memilih masker medis asli? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak masker 'palsu' alias masker non-medis yang dijual dengan masker medis. Hal ini tentu kurang mampu menangkal Covid-19. Lantas, bagaimana memilih masker medis yang asli?

Inibaru.id – Mengingat pandemi Covid-19 belum benar-benar dikendalikan di Indonesia, penggunaan masker pun masih cukup tinggi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh nggak adanya peraturan lockdown sehingga banyak masyarakat yang tetap melakukan aktivitas di luar rumah. Masalahnya, kini mulai banyak beredar masker palsu yang tentu berbahaya jika dipakai karena nggak mampu menangkal virus Covid-19.

Beda dengan di masa awal-awal pandemi di mana harga masker medis sangatlah mahal dan langka, kini masker medis bisa dibeli di mana saja dengan harga murah. Sayangnya, banyak penipu yang mengakali hal ini dengan memasarkan masker ‘non medis’ yang dilabeli masker medis. Kemampuan masker ini menangkal virus tentu nggak sebaik masker medis.

Karena sebutannya saja masker non medis, tentu saja masker ini nggak termasuk masker alat kesehatan. Masker ini juga nggak lolos persyaratan layaknya uji mutu dan keamanan, atau uji filtrasi virus serta bakteri. Kalau masker medis asli, pasti sudah mendapatkan izin edar yang berasal dari Kemenkes karena mampu menyaring bakteri dengan standar minimal 95 persen.

Masker non-medis alias masker
Masker non-medis alias masker "palsu" bisa dicek izin edarnya di Kemenkes. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Lantas, dari mana sebenarnya masker non medis ini berasal? Ternyata, kebanyakan masker non medis berasal dari industri pengecatan. Meski memiliki rupa dan bentuk yang mirip dengan masker medis asli, tetap saja kemampuannya kurang optimal dalam menangkal Covid-19.

Nah, bagaimana kita bisa membedakan masker non medis dengan masker medis? Jadi gini, Millens. Masker non medis jelas nggak punya izin edar dari Kemenkes. Jadi, kalau kamu mengecek izin edarnya di infoalkes.kemenkes.go.id, nggak bakal keluar deh informasinya. Hal ini tentu beda dengan masker medis.

Kalau kamu curiga jika masker yang kamu dapatkan adalah masker palsu alias masker non medis, bisa lo melaporkannya langsung ke nomor 1500567 milik Kemenkes.

Meski lumayan meresahkan, sebenarnya kamu juga nggak perlu terlalu khawatir soal masker medis di pasaran. Tercatat, setidaknya ada 996 jenis masker medis yang sudah punya izin edar Kemenkes. Jumlah ini tentu sangat banyak, bukan? Kamu cukup membeli salah satu atau beberapa jenama masker medis yang terpercaya untuk dipakai saat di luar rumah, kok, Millens. (Det/IB09/E05)