Banyak Ahli Gizi Sepakat, Kopi Jenis Ini Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Banyak Ahli Gizi Sepakat, Kopi Jenis Ini Berdampak Buruk bagi Kesehatan
Ilustrasi kopi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Meski mengandung antioksidan, ternyata ada kopi yang nggak baik bagi tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan lo. Apa sih jenis kopi yang berbahaya ini?

Inibaru.id – Sudah jadi bagian dari gaya hidup, kini kopi menjadi buruan di setiap kesempatan. Ya, sebenarnya kopi merupakan minuman yang menyehatkan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun ada pula kopi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh lo!

Kalau kamu pencinta kopi, sebaiknya nggak sembarang meminumnya. Kopi yang dapat mendatangkan manfaat yaitu kopi hitam tanpa gula. Sedangkan batas maksimal mengkonsumsi kopi tiap harinya adalah 4 cangkir saja.

Ahli diet, Lisa Young mengungkapkan beberapa jenis kopi yang berdampak buruk bagi kesehatan. Menurutnya kopi jenis ini merupakan kopi dengan berbagai campuran bahan yang nggak sehat.

“Kopi yang buruk adalah yang banyak mengandung bahan yang tidak sehat, seperti krim kocok, cokelat, krim, ataupun gula,” ungkapnya.

Ada jenis kopi yang nggak sehat. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)
Ada jenis kopi yang nggak sehat. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Sedangkan ahli diet yang lain, Lisa Hugh, mengungkapkan hal yang sama. Jenis kopi yang diolah seperti milkshake atau sering disebut frapuccino itu sangat buruk untuk kesehatan.

"Banyak minuman kopi yang satu tipe dengan milkshakes: ada campuran susu, heavy cream, krim kocok, gula, sirup, sirup perasa yang bisa menambahkan banyak kalori, lemak, dan tinggi gula," terangnya.

Kandungan Gula Berlebihan

Selain itu, Kopi yang dihaluskan atau Iced Blended adalah jenis kopi manis yang tinggi gula juga diketahui memiliki dampak buruk bagi tubuh seperti yang diungkapkan oleh Katherine Basbaum, seorang ahli gizi.

Menurutnya, rerata pada 453 gram milkshake memiliki sekitar 500 kalori, 14 gram lemak total, dan 8 gram lemak jenuh. Jumlah kalori ini juga berlaku pada kopi ice blend.

“Frappucino karamel 453 gram dari Starbucks mengandung hampir 400 kalori, 16 gram lemak total, dan 10 gram lemak jenuh," paparnya.

Frappucino mengandung terlalu banyak gula. (Khalifah media)
Frappucino mengandung terlalu banyak gula. (Khalifah media)

Memang kopi hitam akan terasa membosankan, namun kopi dengan jenis frappucino nyatanya mengandung gula yang tinggi. Artinya jika dikonsumsi terlalu sering maka dikhawatirkan akan mendatangkan efek samping negatif.

Kandungan gula dalam frappucino ini dapat meningkatkan risiko diabetes dan kolesterol tinggi. Lebih lanjut, masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung bisa menjangkiti penikmat kopi.

"Gula, terutama gula tambahan seperti yang ditemukan dalam frappuccino bisa meningkatkan risiko diabetes dan kolesterol tinggi. Kemudian nantinya bisa mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung," ujar Rachel Temple seorang ahli gizi.

Dalam frappucino, setidaknya terdapat kandungan gula sekitar 70 gram. Sedangkan konsumsi gula normal pada orang dewasa yang dianjurkan adalah sebanyak 25-35 gram saja. Jadi kamu masih ngeyel pengin minum kopi jenis ini tiap hari, Millens? (Det/IB27/E05)