Bantu Penyandang Gangguan Penglihatan, Samsung Rilis Teknologi Relumino

Memiliki fitur membalikkan warna dan kecerahan, memperbesar dan memperkecil gambar, memperjelas garis antar-objek, menyesuaikan perbedaan warna dan kecerahan, menyaring warna pada layar, hingga memeta ulang gambar yang nggak terlihat ke bagian mata yang bisa melihat, teknologi relumino kepunyaan Samsung mungkin akan berguna bagi penderita tunanetra. Gimana cara kerjanya?

Bantu Penyandang Gangguan Penglihatan, Samsung Rilis Teknologi Relumino
Teknologi relumino yang memudahkan pengelihatan penyandang tunanetra. (Appyspot.com)

Inibaru.id – Kamu memiliki sahabat terdekat yang memiliki gangguan penglihatan atau sulit melihat objek dengan jelas? Kalau begitu, Samsung punya kabar baik untuk mereka. Baru-baru ini, produsen ponsel asal Korea Selatan itu meluncurkan teknologi relumino yang dapat diunduh pengguna Samsung model Galaxy S8, S8+, Note 8, S9, dan S9+ secara gratis di Playstore.

Seperti ditulis Tempo.co, Kamis (29/3/2018), Vice President and Head of Creativity & Inovation Center Samsung Electronics, Jalil Lee, mengatakan, aplikasi ini bakal membantu penggunanya melihat obyek yang nggak bisa mereka lihat sebelumnya.

Sebelum resmi diluncurkan pada Maret ini, teknologi relumino semula dikembangkan Samsung bersama Profesor Moon Nam Juu dari bidang kedokteran mata Rumah Sakit Universitas Chung-Ang. Dari pengujian klinis yang dilakukan Prof Moon Nam Juu, teknologi ini membantu meningkatkan penderita gangguan penglihatan dari 0.1 (20/200) menjadi 0.8 (20/25).

Untuk meningkatkan penglihatan, teknologi relumino ini dilengkapi dengan perangkat Gear VR. Gear VR ini juga kerap dipakai untuk membantu penyandang tunanetra agar mendapatkan tingkat kejelasan yang baru dalam video dan gambar. Jadi, penyandang tunanetra pun memiliki "pengalaman baru" lewat perangkat ini.

Selain memperjelas objek, teknologi relumino memiliki banyak fitur seperti membalikkan warna dan kecerahan, memperbesar dan memperkecil gambar, memperjelas garis antar-objek, menyesuaikan perbedaan warna dan kecerahan, menyaring warna pada layar, hingga memeta ulang gambar yang nggak terlihat ke bagian mata yang bisa melihat. Hm, keren!

Yohanes Rio, seorang penyandang gangguan penglihatan yang berkesempatan menjajal teknologi ini, mengungkapkan bahwa relumino benar-benar memudahkannya melihat objek.

“Kalau saya nggak pakai (relumino), sudut pandang terasa sempit dan terbatas. Kalau pakai, saya pikir saya buta tapi ternyata bisa melihat,” tuturnya.

Gimana, tertarik merekomendasikan aplikasi ini? Eits, tunggu! Sebelum kamu lakukan itu, tontonlah dulu iklannya yang berbentuk film pendek di Youtube. Film pendek berjudul Two Lights ini dibintangi Han Ji Min dan Park Hyu Sing dan telah diluncurkan pada 2017 silam.

Ya, memang film lama, tapi setidaknya film itu bakal menjadi referensimu terkait teknologi relumino ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (AS/GIL)