Bantu Ibu Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Pembuat Telur Dadar

Bantu Ibu Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Pembuat Telur Dadar
Agung saat menciptakan robot pembuat telur dadar untuk ibunya. (iNews/Joe Hartoyo)

Nggak tega melihat ibunya kesulitan berjualan telur dadar, Agung membuatkan robot yang bisa membantu pekerjaan ibunya. Kini telur dadar buatan ibunya laris manis berkat keberadaan robot ini.

Inibaru.id – Pemuda 18 tahun asal Purworejo, Jawa Tengah bernama Agung Budi Wibowo ini menciptakan robot lengan yang bisa membantu ibunya membuat telur dadar. Keberadaan robot unik ini pun sukses membuat jualan ibunya laris manis.

Sang ibu, Praptining Utami (55) mengaku sangat terbantu dengan robot buatan anaknya.

“Alhamdulillah, seneng sangat membantu, ya jadi laris juga. Anak-anak jadi penasaran akhirnya banyak yang beli,” ucap wanita yang tinggal di Desa Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, ini.

Anak-anak berkerumun membeli telur dadar yang dibuat dengan robot. (Rinto Heksantoro/detikcom)
Anak-anak berkerumun membeli telur dadar yang dibuat dengan robot. (Rinto Heksantoro/detikcom)

Setiap porsi telur dadar mini yang dijajakan Prapti berisi tiga biji yang dijual seharga Rp500. Sejak dibuat dengan bantuan robot buatan anaknya, omzet jualannya meningkat drastis.

“Omzetnya juga naik dua kali lipat. Awalnya, hanya habis ½ kiloan telur, sekarang bisa 1 kiloan. Harganya Rp500 dapat 3 biji atau 1 loyang harganya Rp2.000 isinya 12 biji. Jualannya di sekolah deket-deket rumah,” terang Prapti.

Agung menyebut robot buatannya dengan nama ‘Egg Filling Robot’. Dia sengaja membuatnya demi membantu ibunya berjualan. Pria lulusan SMKN 1 Purworejo ini sebelumnya mencari informasi tentang pembuatan robot di internet.

“Awalnya karena lihat ibu jualan, karena ibu punya penyakit di mata, akhirnya kalau nuangin adonan telurnya harus dekat dengan wajan yang panas. Lihat ibu gitu saya juga nggak tega,” kata Agung.

Robot pembuat telur dadar hasil buatan Agung (iNews/Joe Hartoyo)
Robot pembuat telur dadar hasil buatan Agung (iNews/Joe Hartoyo)

Berbekal informasi dari Youtube, pria lulusan jurusan Teknik Kendaraan Ringan ini pun merangkai robot pembuat telur dadar ini dengan bahan-bahan seperti pompa, selang, microcontroller, motor servo untuk mengerakkan lengan robot, dan casing berbahan akrilik. Total, Agung menghabiskan Rp1,5 juta untuk membuat robot ini.

Ternyata, robot ini bukan satu-satunya karya Agung. Sebelumnya, Agung pernah membuat helm anti begal dan kunci kontak sepeda motor yang dibuka dengan sistem sidik jari. Keberadaan helm ini bisa membuat mesin sepeda motor yang dibawa kabur begal akan mati sendiri setelah dijalankan sejauh 50 meter.

Wah kreatif banget ya! Semoga semakin banyak pemuda di Indonesia yang mengikuti jejak Agung ya, Millens? (Det/IB09/E06)