Bandara "Apung" Semarang Diresmikan Jokowi

Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, yang beroperasi sejak Rabu (6/6/2018) diresmikan Presiden RI Joko Widodo sehari setelahnya, Kamis (7/6). Jokowi juga meresmikan Gedung Menara Pengawas Airnav Infonesia.

Bandara "Apung" Semarang Diresmikan Jokowi
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Terminal Baru Internasional Ahmad Yani Semarang dengan membunyikan sirine, Kamis (7/6/2018). (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id - Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Kamis (7/6/2018). Dengan kapasitas yang jauh lebih besar, bandara "apung" pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak Rabu (6/6) itu menggantikan terminal lama yang berada nggak jauh dari lokasi saat ini.

Perlu kamu tahu nih, Millens, terminal baru bandara kebanggaan warga Kota Lunpia itu memiliki kapasitas sembilan kali lipat dari terminal sebelumnya, dengan luas sekitar 58.652 meter persegi. Perluasan bandara memang diperlukan lantaran kapasitas bandara sebelumnya memang cukup memprihatinkan.

Presiden Joko Widodo memberi sambutan sebelum peresmian Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6/2018). (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Jokowi mengatakan, dia sempat merasa sedih karena terminal sebelumnya sangat nggak optimal.

"Sekarang kondisinya luar biasa mengagumkan, baik dari fasilitas maupun arsitekturnya," tuturnya dalam sambutan sebelum peresmian yang ditandai dengan pembunyian sirine.

Saat ini Bandara Ahmad Yani diperkirakan mampu menampung 20.000 orang per hari atau sekitar 6,5 juta per tahun. Dengan kapasitas sebanyak itu, diperkirakan bandara yang berlokasi di sisi utara Kota Semarang tersebut bakal mampu memberikan pelayanan optimal menyambur musim mudik Lebaran 2018 beberapa hari ke depan.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana memasuki Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6/2018). (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Selain kapasitas penumpang, upgrade terminal baru juga meliputi apron dengan luas 72.522 meter persegi. Ini menjadikan bandara mampu menampung 13 pesawat narrow body.

Mengusung tema eco-green airport, Bandara Ahmad Yani terbilang unik lantaran dibangun di atas rawa yang dikelilingi mangrove.

"Bandara ini dikelilingi tanaman yang indah dan harus dijaga dengan baik," tandas Jokowi yang dalam kesempatan itu juga sekaligus meresmikan Gedung Menara Pengawas Airnav Infonesia.

Suasana di dalam area Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6/2018). (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Nah, nah, yang pada mau mudik naik pesawat dari Semarang, kalian beruntung nih bisa menjajal bandara keren ini! Ha-ha. (Hayyina Hilal/E03)