Bambu Hias, Nggak Hanya Bikin Cantik Hunian, Tapi Juga Bawa Hoki

Bambu Hias, Nggak Hanya Bikin Cantik Hunian, Tapi Juga Bawa Hoki
Bambu hias. (Casaindonesia)

Bambu hias memiliki ukuran jauh lebih kecil dari bambu biasa. Meski nggak berbunga atau berbuah, tanaman ini bisa mempercantik tampilan rumah. Bahkan, konon bambu hias biasa bawa hoki, lo!

Inibaru.id – Bambu kini nggak hanya dikenal sebagai tanaman yang tumbuh di kebun saja. Kamu bahkan bisa menanam bambu hias di sekitar rumah, lo. Ukuran bambu hias ini jelas nggak sebesar bambu-bambu di kebun. Jadi, nggak bakal repot, deh.

Bentuk pohon bambu memang beda dengan pohon pada umumnya. Tampilannya yang unik pun bisa bikin rumah kamu jadi semakin cantik. Nah, ternyata, ada juga bonus lainnya, lo, Millens. Kamu juga bisa dapat banyak hoki kalau menanamnya.

Nama latin bambu hias adalah bambusoideae. Kebanyakan memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa kamu tanam di media yang cenderung kecil atau sempit. Menariknya, bambu hias ini sebenarnya masih satu keluarga dengan tanaman lili, lo. Padahal, tanaman ini nggak pernah berbunga ataupun berbuah, ya?

Bagi masyarakat Asia Timur, bambu hias ini dianggap bisa melambangkan rasa damai, kasih sayang, kesehatan, hingga keberuntungan. Bambu hias juga dikenal bisa tumbuh dengan cepat dan panjang umur.

Dalam unsur Feng Shui, bambu dianggap sebagai elemen kayu. Biar kamu bisa tambah hoki, coba deh tambahi elemen bumi di pot atau media tanam bambu lainnya. Tambahkan saja batu demi menambahkan elemen tersebut.

Elemen-elemen lain seperti air bisa kamu tambahkan saat menyiraminya. Elemen metal bisa kamu dapatkan dari bahan pot, dan elemen api bisa kamu dapatkan dari pita berwarna merah yang bisa kamu ikat di batang bambu hias.

Bambu hias bisa bawa hoki. (Berkeluarga.id/Freepik)
Bambu hias bisa bawa hoki. (Berkeluarga.id/Freepik)

Kamu juga bisa lo dengan cermat memilih bambu hias berdasarkan jumlah batangnya. Kalau kamu memilih bambu hias dengan jumlah batang tiga, bisa membawa kebahagiaan. Sementara itu, bambu dengan lima batang dipercaya bisa membawa kesehatan.

Menariknya, kalau kamu ingin lebih hoki dari sisi materi, bisa kok memilih bambu hias dengan jumlah batang delapan. Kalau pengin lebih beruntung, kamu bisa menanam bambu dengan jumlah batang sembilan.

Merawat Bambu Hias Itu Mudah

Kalau kamu masih ragu untuk menanam bambu hias, coba deh cek cara merawatnya yang cenderung mudah. Kamu nggak bakal kerepotan karena tanaman ini ternyata cukup mudah dirawat.

Berikut adalah tips merawat bambu hias tersebut.

·         Bambu hias nggak membutuhkan banyak air. Kamu bisa saja menyiramnya sekali saja seminggu. Kalau kamu menyiramnya berlebihan, bisa jadi pertumbuhannya terganggu karena akarnya justru terendam.

·         Sebaiknya bambu hias ditempatkan di tempat yang teduh. Meski termasuk tanaman outdoor, pastikan menempatkannya di bayangan pohon atau bangunan agar nggak kepanasan. Kalau mau menanamnya di dalam rumah, tempatkan di lokasi yang cenderung sejuk.

·         Pastikan batangnya diatur dengan baik. Kamu bisa memangkas daun bambu hias yang sudah menguning demi memastikannya tetap terlihat segar.

Nggak sulit kan merawat bambu hias, Millens? Tertarik menanamnya di rumah agar makin hoki nggak, nih?  (Dek/IB09/E05)