Bali Kembali Masuk Daftar 10 Destinasi Favorit Dunia, Apa Kabar 10 Bali Baru?

Bali Kembali Masuk Daftar 10 Destinasi Favorit Dunia, Apa Kabar 10 Bali Baru?
Bali dinobatkan sebagai salah satu destinasi Favorit dunia. (Infobudaya.com)

Bali kembali masuk dalam 10 daftar destinasi wisata favorit di dunia. Lantas bagaimana kabar mengenai 10 Bali Baru yang digagas pemerintah?

Inibaru.id – Sejak lama Pulau Bali menjadi ikon pariwisata Indonesia. Keindahan alam dan adat istiadat yang masih sangat kental dilaksanakan masyarakat Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Benar saja, Bali kembali masuk dalam daftar 10 kota tujuan wisata favorit para wisatawan dunia.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan data Global Destination Cities Index (GDCI):Play yang rutin dirilis  pihak kartu kredit Mastercard, seperti ditulis Detik.com, Selasa (10/7/2018). Bali menempati posisi ketujuh, persis di bawah Cancun, Meksiko.

Punta Cana, Republik Dominika menjadi pemuncak daftar kota tujuan paling favorit para pelancong. Disusul Cusco, Peru dan Djerba, Tunisia pada posisi dua dan tiga secara berurutan. Selain itu, ada Riviera Maya, Meksiko; Palma de Mallorca, Spanyol; Panama City, Panama; Orlando, Amerika Serikat; dan Phuket, Thailand.

Ini membuktikan, para pelancong masih belum bisa move on dan mengunjungi tempat wisata lain di Indonesia selain Bali. Padahal, masih banyak kota tujuan wisata di Indonesia yang nggak kalah ciamiknya daripada Bali. Sepuluh "Bali Baru" yang dipromosikan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga belum bisa menyamai ketenaran Pulau Dewata.

Program 10 Bali Baru

Kementerian Pariwisata sudah menggaungkan 10 Bali Baru sejak 2016 silam. Program 10 Bali Baru tersebut memuat daftar tempat pariwisata prioritas Kemenpar. Kesepuluh tempat itu yakni Danau Toba (Sumatra Utara), Belitung (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Gunung Bromo (Jawa Timur), Mandalika Lombok (Nusa Tenggara Barat), Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Dalam hal itu, pemerintah sepakat untuk mempercepat pengembangan di 4 dari 10 destinasi Bali Baru. Empat destinasi tersebut di antaranya adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Bali Baru" dalam pengembangan destinasi di Indonesia. (Bisniswisata.co.id)

Manteri Pariwisata, Arief Yahya mangatakan pengembangan pembangunan tersebut meliputi homestay, restoran, toko cendera mata yang disiapkan Kementerian Pariwisata, Kementerian Pekerjaan Umum dan Parumahan Rahyat, serta Kementerian Perdagangan. Presiden juga menginstruksikan untuk Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), harus dibuatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) Center sehingga, keberadaan pelaku UKM di Indonesia bisa ditata secara baik.

Danau Toba dalam daftar destinasi "Bali Baru". (Zona1000.com)

“Pembahasan untuk fokus pada empat destinasi Bali Baru sudah melalui diskusi Panjang. Apalagi, tiga dari empat prioritas ini tinggal direvitalisasi seperti Danau Toba, Borobudur dan Mandalika,” ujar Arief

Labuan Bajo. (Thejakartapost.com)

Kendati fokus pada 4 destinasi, menurut Arief, bukan bearti 6 destinasi Bali Baru tidak dikerjakan. Hanya saja, untuk beberapa aspek perlu difokuskan pada empat lokasi tersebut.

Mandalika, NTB. (Travel.dream.co.id)

Wah, Kemenpar harus lebih gencar lagi mempromosikan 10 Bali Baru nih. Eh, kalau tempat wisata favoritmu yang mana nih, Millens? (IB11/E04)