Bakar Kalori Lebih Maksimal dengan Metode Latihan HIIT

Bakar Kalori Lebih Maksimal dengan Metode Latihan HIIT
Salah satu bentuk kardio adalah lari. (Fotosearch)

High Intensity Interval Training (HIIT) sedang populer sebagai metode yang ampuh untuk berolahraga. Metode ini dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak, lo.

Inibaru.id – Di antara berbagai jenis olahraga dan latihan untuk tubuh, kardio termasuk yang cukup populer. Alasan utamanya apalagi kalau bukan karena mudah dan murah. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan di beragam tempat.

Nah, agar hasil dari kardio yang kamu peroleh lebih maksimal, ada satu cara yang sedang hits nih, Millens. Cara ini sering disebut High Intensity Interval Training (HIIT).

Konsep metode HIIT adalah berolahraga dengan memanfaatkan seluruh tubuh. Jangan heran kalau tubuhmu dituntut untuk bergerak secara maksimal bila menerapkan metode ini.

Lari merupakan olahraga yang mudah dan murah. (Justrunlah)

Dalam metode HIIT, kamu mesti mengawalinya dengan olahraga intensitas berat. Kemudian, olahraga dilanjutkan dalam intensitas ringan untuk mendinginkan tubuh. Kegiatan itu dilakukan secara berulang dalam waktu yang singkat.

Menurut sebuah penelitian di Universitas Harvard, HIIT dapat membakar kalori lebih banyak dibanding metode lainnya. Bahkan, melalui metode ini, kalorimu dapat terus terbakar hingga 48 jam setelah berolahraga seperti ditulis Medcom.id, Jumat (8/3/2019).

Hal itu karena konsep HITT yang melibatkan seluruh tubuh dehingga menguras tenaga yang lebih banyak. Makanya, kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih atau dikenal dengan efek afterburn.

Contoh Latihan HIIT

Nggak perlu bingung tentang bagaimana cara melakukan HIIT, Millens. Ada beberapa bentuk latihan yang bisa kamu lakukan dengan metode ini, kok.

Salah satu caranya yakni dengan lari. Awali larimu dengan jogging ringan selama sekitar 10 menit. Lanjutkan dengan sprint sekitar 20 detik. Setelah itu, kamu bisa berjalan ringan selama 90 detik untuk pemulihan. Ulangilah kegiatan itu secara berurutan sebanyak 5 hingga 10 kali agar latihanmu maksimal.

Plank, salah satu bentuk latihan kardio. (Healthywithnedi)

Untuk kamu yang malas lari, cobalah latihan yang lebih sederhana ini. Lakukan latihan squat jump, sit up, push up, dan plank selama masing-masing 30 detik. Sebagai penutup, lakukan gerakan rushing yang membuat badanmu bekerja lebih keras.

Gimana, mudah kan? Selamat berolahraga! (IB10/E04)