Bakal Ditenggelamkan, Desa Kawungsari Akan Ditinggal Seluruh Penghuninya

Bakal Ditenggelamkan, Desa Kawungsari Akan Ditinggal Seluruh Penghuninya
Desa Kawungsari bakal ditenggelamkan. (BlogDesaKawungsari)

Desa Kawungsari yang ada di Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, akan ditinggal seluruh penghuninya. Seluruh warga desa harus pergi karena desanya akan ditenggelamkan jadi Bendungan Kuningan.

Inibaru.id - Di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, proyek strategis nasional Bendungan Kuningan bakal dibangun. Meski keberadaannya penting, pembangunan bendungan ini mengorbankan banyak orang. Seluruh penduduk Desa Kawungsari harus pergi sebelum desa tersebut ditenggelamkan.

Total, ada 1.156 warga Kawungsari yang harus segera melakukan bedol desa. Mereka akan pindah ke hunian baru yang sudah disediakan sebagai pengganti rumah yang digusur.

Pada Minggu (20/2/2021), Kepala Desa Kusto mengungkapkan kalau rencana pemindahan warga sudah dibahas sejak jauh-jauh hari. Warga pun sudah bersiap untuk meninggalkan huniannya.

 “Hanya, yang belum selesai itu pembebasan tanah dan bangunan sekitar 3 persen lagi,” beber Kusto.

Di tempat baru, akan dibangun 361 unit rumah. Namun, yang dibangun baru 25 unit. Sisanya masih dalam proses.

 “Disana sudah dibangun sekolah, masjid, kantor desa, poskesdes maupun sarana dan prasarana lain. Tinggal menunggu waktunya saja kaitan dengan pelunasan ganti rugi, setelah itu pindah ke tempat relokasi,” ucapnya.

Semua warga bakal boyongan pindah. (Kumparan)<br>
Semua warga bakal boyongan pindah. (Kumparan)

Hunian Relokasi Bukan Permanen

Kusto juga menambahkan jika tempat relokasi itu hanya bersifat hak guna pakai. Jadi, bisa dikatakan hunian-hunian itu nggak seutuhnya dimiliki warga secara jangka panjang. Meski begitu, pemerintah sudah berjanji akan membuat aturan untuk menghibahkan bangunan tersebut.

 “Kita di Desa Kawungsari ada dua dusun yakni Dusun Wage dan Dusun Puhun dengan 362 Kepala Keluarga (KK) dari 1.156 jiwa. Sedangkan jumlah Rukun Tetangga (RT) hanya ada 8 RT. Nanti di tempat relokasi mungkin bertambah menjadi 10 RT,” katanya.

Di lokasi penenggelaman desa itu, sebenarnya ada Tempat Pemakaman Umum (TPU). Untungnya, TPU tersebut nggak akan ikut tenggelam. Lokasi TPU yang ada di atas bukit lebih tinggi dari titik genangan air bendungan.

 “Kecuali kalau ada keluarga yang merasa ingin lebih dekat makam keluarganya dari tempat relokasi, ya itu hak masing-masing warga untuk memindahkan sendiri,” tutupnya.

Karena sudah harus pergi dari tempat tinggalnya demi pembangunan Bendungan Kuningan, semoga saja warga desa Kawungsari bisa segera mendapatkan kepastian tempat tinggal baru untuk jangka panjang ya, Millens. (Kum/IB28/E07)