Bak Sabda! Ini 6 Momen Elon Musk Gerakkan Pasar Modal Lewat Cuitan

Bak Sabda! Ini 6 Momen Elon Musk Gerakkan Pasar Modal Lewat Cuitan
Cuitan Elon Musk bak sabda bagi para investor. (Google)

Hanya lewat cuitan sederhana, Elon Musk mampu membuat para investor berbondong-bondong memborong saham di berbagai perusahaan ini. Cuitannya bak sabda yang jadi magnet di pasar modal.

Inibaru.id – Kemunculan Elon Musk di Twitter dengan mengirimkan meme nggak cuma menarik perhatian para pengikutnya, namun juga berpengaruh pada pasar modal. Pernah, meme tentang mata uang digital membuat para investor berbondong-bondong membeli mata uang kripto berkat cuitannya tersebut.

Ya, Nama bos Tesla dan SpaceX ini tengah naik daun karena beberapa keputusan strategisnya termasuk keputusannya untuk menentang Wall Street. Nggak heran para investor amatir amat tertarik untuk berinvestasi pada perusahaannya.

Namun disadari atau nggak, aksi Musk di dunia maya mampu menggerakkan pasar modal. Berikut ini adalah momen Elon Musk membuat pasar modal bergerak berkat aksinya:

1. Melonjaknya Harga Degecoin

Setelah dua hari absen dari Twitter, Musk kemudian mengunggah foto dia sedang memegang Doge yang bergambar anjing Shiba Inu. Hal ini membuat Mata uang Dogecoin naik USD 0.0579 pada Kamis pekan ini hanya dangan waktu semenit. Setelahnya, mata uang ini bahkan sempat menyentuh level tertinggi USD 0.0792 pada Januari lalu.

Aksinya pengaruhi pasar saham. (IDX Channel)
Aksinya pengaruhi pasar saham. (IDX Channel)

2. Harga Saham Gamestop Meroket

Berkat cuitan Gamestonk dengan tautan ke forum Reddit WallStreetBets, saham Gamestop kemudian melonjak sebanyak 157 persen dan ditutup 135 persen lebih tinggi pada keesokan harinya. Seminggu kemudian, saham GameStop turun dan ditransaksikan USD 70,15 pada Jumat lalu. The Wall Street Journal melaporkan kalau salah satu hedge fund yang bertaruh di GameStop memutuskan untuk keluar setelah cuitan Musk.

3. Mengecoh Investor Soal Signal

Sesaat setelah Musk mengunggah dan mengatakan dirinya memakai signal, para investor berbondong-bondong memborong saham perusahaan telekomunikasi tersebut. Saham Signal Advance melonjak lebih dari 11.000 persen hingga mencapai USD 70,85 dari USD 0,60. Namun tampaknya para investor dibuat bingung dengan Signal Advance, platform pesan terenkripsi yang dipuji Musk.

Bitcoin juga sempat melonjak berkat Musk. (Google)
Bitcoin juga sempat melonjak berkat Musk. (Google)

4. Tagar Bitcoin

Harga Bitcoin melonjak lebih dari 15 persen pada akhir Januari lalu saat Musk hanya menambah #bitcoin ke profil twitternya. Dari kisaran USD 31.000 dan USD 33.000, bitcoin melonjak jadi USD 38.406 pada 29 Januari. Hal kecil yang dilakukan Musk tersebut mampu membawa bitcoin kembali dilirik.

5. Melonjaknya Saham Etzy

Musk menuturkan telah membeli helm wol rajutan tangan untuk anjingnya the Martian. Musk mengunggah cuitan “I kinda love Etsy” sebagai bentuk kepuasannya hingga akhirnya harga saham Etsy melonjak pada awal perdagangan. Saham Etsy melonjak 8 persen pada 26 Januari 2021 meski akhirnya ditutup melemah.

6. Dongkrak Saham Sandstorm

Hanya dnegan bilang bahwa badai pasar adalah mahakarya yang mungkin mengacu pada lagu hit 2000 oleh Darude, Musk mampu mendongkrak saham Sandstorm Gold. Penambang emas Kanada tersebut mengalami kenaikan hingga 55 persen dalam pra pembukaan perdagangan. Reli saham itu berlangsung pendek dengan saham turun 1 persen sebelum perdagangan reguler dibuka.

Meskipun aneh dan nggak terduga, namun cuitan Musk bagai sabda yang jadi magnet bagi para investor. Kamu yang aktif di dunia trading apakah juga mengikuti cuitan Musk dan menjadikannya acuan? (Lip/IB27/E05)