Baikal Zen, Fenomena Unik Batu Mengambang di Danau Baikal Siberia

Baikal Zen, Fenomena Unik Batu Mengambang di Danau Baikal Siberia
Baikal Zen, fenomena batu mengambang di Danau Baikal. (ExplorersWeb)

Fenomena unik Baikal Zen bisa membuat batu mengambang di Danau Baikal, Siberia, Rusia. Bagaimana bisa batu yang berat bisa mengambang di danau, ya?

Inibaru.id - Fenomena unik bernama "Baikal Zen" terjadi di Danau Baikal, Siberia, Rusia saat musim dingin. Di danau itu, muncul batu-batu besar mengambang di Danau Baikal, seperti berdiri di atas es tipis di atas danau. Kalau dilihat secara kasat mata, batu itu tampak melayang di udara.

Danau Baikal dikenal punya ukuran yang sangat besar. Saking besarnya, sering sering disalahartikan sebagai laut. Selain itu, dari segi usia, danau ini  pun sudah bisa dibilang paling senior di bumi.

Khusus tentang fenonema Baikal Zen, sebetulnya ilmuwan sudah mempelajarinya selama bertahun-tahun. Saking fenomenalnya, Baikal Zen sempat jadi subjek presentasi oleh Tim peneliti dari Ukraina pada Turnamen Fisika Internasional 2018.

Danau Baikal yang indah. (Sputnik)<br>
Danau Baikal yang indah. (Sputnik)

Masalahnya, meskipun sudah sering diteliti, ilmuwan belum punya penjelasan yang pasti tentang bagaimana bisa fenomena langka ini muncul.

Kalau bedasarkan penjelasan Explorers Web, Baikal Zen terjadi ketika batu berbentuk datar membeku di permukaan danau. Permukaan danau yang awalnya membeku kemudian dipanaskan oleh sinar matahari sampai pada titik di mana lapisan es di bawah batu mulai mencair.

Tapi panas itu bukan satu-satunya penyebab munculnya Baikal Zen. Jika semua es di bawah batu terpanaskan, tentu nggak bakal ada pilar es kecil untuk bertumpu. Nah, di sinilah peran angin kencang ikut berperan memicu munculnya fenomena ini. Angin inilah yang mengikis es di bawah batu sehingga kemudian meninggalkan pilar es utama.

Awal kemunculannya di media sosial dibantah oleh orang-orang. (Explorersweb)<br>
Awal kemunculannya di media sosial dibantah oleh orang-orang. (Explorersweb)

Menurut fotografer Rusia Elena Vtorushina yang mengambil beberapa foto formasi Baikal Zen pada tahun 2018, bebatuan ini bergeser di atas permukaan es karena terbawa angin kencang, lalu akhirnya membeku di tempat.

Belum ada kejelasan juga apakah fenomena Baikal Zen terjadi di perairan lain. Meski begitu, ada pakar yang berpendapat bahwa air jernih di Danau Baikal juga mempengaruhi fenomena tersebut. Sebab, sejauh ini pilar es yang terlihat berwarna bening kristal.

Fenomena Baikal Zen terkenal berkat beberapa orang yang mengabadikan peristiwa ini ke sosial media. Awalnya, banyak orang yang nggak percaya karena ada batu yang terlihat mengambang di atas danau. Namun, saat datang langsung ke lokasi, mereka langsung percaya dengan fenomena ini.

Di Indonesia, mungkin nggak ya fenomena batu mengambang di atas danau bakal terjadi, Millens? (Pik/IB28/E07)