Bagimu Pejuang SNMPTN dan SBMPTN, Registrasi Akun LTMPT Bisa Dilakukan Sore Ini
Siswa mendaftar akun LTMPT. (Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.)

Bagimu Pejuang SNMPTN dan SBMPTN, Registrasi Akun LTMPT Bisa Dilakukan Sore Ini

Nggak hanya siswa, sekolah yang ingin siswanya bisa mendaftar SNMPTN dan SBMPTN juga harus melakukan registrasi akun LTMPT mulai Senin (2/12/19) sore.

Inibaru.id – Sekolah dan calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujan Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 diwajibkan untuk registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai hari ini, Senin (2/12/19).

Medcom, Minggu (1/12) menulis, adanya kebijakan Single Sign On membuat sekolah yang ingin siswanya bisa mendaftar SNMPTN 2020 wajib untuk memiliki akun di LTMPT.

“Tidak hanya sekolah, siswa calon peserta di dua jalur seleksi masuk PTN, yakni SNMPTN dan SBMPTN melalui UTBK, juga wajib memiliki akun tersebut,” ucap Ketua LTMPT, Ravik Karsidi.

Registrasi akun LTMPT bagi sekolah untuk mendaftar sekaligus mengisi data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta siswa yang ingin mendaftar SNMPTN 2020 sudah bisa dilakukan mulai hari ini, Senin (2/12) pukul 15.00 WIB.

Terdapat dua jenis registrasi akun LTMPT yang bisa kamu cek di situs https://portal.ltmpt.ac.id, yakni akun sekolah dan akun siswa calon pendaftar.

Bagi sekolah yang akan melakukan registrasi dan berada di naungan Kemendikbud, harus memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sementara itu, sekolah yang berada di naungan Kemenag bisa memasukkan kombinasi NPSN serta Kode Education Management Information System (EMIS).

Bagi para siswa, bisa melakukan login akun LMPT dengan memasukkan kombinasi dari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN, serta tanggal lahirnya.

“Diimbau kepada sekolah dan siswa khususnya yang akan mengikuti SNMPTN 2020 untuk memanfaatkan waktu registrasi akun LTMPT secara baik dengan memperhatikan kerangka waktunya sehingga diharapkan tidak cenderung mendaftar di awal atau akhir waktu agar tidak mengalami hambatan,” pungkas Ravik.

Buatmu pejuang SNMPTN dan SBMPTN, jangan lupa untuk registrasi akun LPMPT ya, Millens! (IB09/E06)