Bagi Lulusan SMA yang Akan Mendaftar CPNS Kemenkumham, Segera Siapkan Dokumen Ini

Bagi Lulusan SMA yang Akan Mendaftar CPNS Kemenkumham, Segera Siapkan Dokumen Ini
Kemenkumham membuka pendaftaran CPNS bagi lulusan SMA sederajat. (Mesujikab)

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kembali dibuka untuk SMA sederajat. Tahun ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka 3.532 formasi. Dokumen apa saja ya yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar?

Inibaru.id – Kementerian Hukum dan HAM (kemenkumham) lewat laman resminya membuka pendaftaran seleksi CPNS 2019 bagi lulusan SMA sederajat. Sebanyak 3.532 formasi ditujukan untuk lulusan SMA sederajat yang dibagi dalam formasi umum. Sementara formasi khusus diberikan bagi putra/putri dari Provinsi Papua dan Papua Barat, difabel, dan cumlaude.

Sebelum mendaftar, pastikan dokumen yang dibutuhkan sudah kamu persiapkan ya. Melansir Kompas, Sabtu (02/11/2019) ada beberapa dokumen persyaratan yang harus kamu sediakan.

Pertama, kamu bisa mengunduh surat lamaran di laman https://sscasn.bkn.go.id. Surat tersebut ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta. kedua, unduh lah surat pernyataan di laman https://cpns.kemenkumham.go.id. Untuk mengisinya, ketik menggunakan komputer lalu beri lah materai Rp 6.000.

Ketiga, jangan lupa untuk menyiapkan KTP asli atau e-KTP ya. Yang terakhir, siapkan ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) asli dan transkip/daftar nilai atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dengan format PDF.

Bagi kamu lulusan Pesantren dapat menyertakan Surat Penyetaraan dan Transkip Nilai dari Kementerian Agama. Sedangkan lulusan dari luar negeri, jangan lupa sertakan Surat Penyetaraan Ijazah dan Transkip Nilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ya, Millens!

Untuk formasi khusus Putra/putri Papua dan Papua Barat dengan Kualifikasi Pendidikan SMA Sederajat persyaratannya sama dengan formasi umum. Namun ada satu dokumen tambahan berupa surat keterangan asli dari kelurahan/kepala desa/kepala suku. Surat ini untuk memastikan kalau pelamar memang asli berasal dari Papua berdasarkan garis keturunan orangtua (bapak dan/atau ibu)

Tertarik mendaftar? Jangan lewatkan satu pun dokumennya ya, Millens! (MG26/E06)