Awas, Setelah Lebaran 7 Penyakit Ini Mengintaimu!

Awas, Setelah Lebaran 7 Penyakit Ini Mengintaimu!
Kamu harus waspada penyakit-penyakit ini seusai hari raya. (thinkstockphotos)

Siapa sih yang nggak tergoda dengan makanan lebaran? Kelezatannya membuat banyak orang kalap! Meski demikian, kamu harus tahu bahwa semua makanan itu bisa mendatangkan penyakit.

Inibaru.id - Hari raya Idul Fitri adalah sebuah momen spesial untuk mengunjungi sanak saudara. Bercengkerama sambil menikmati hidangan khas lebaran tentu akan menambah semarak suasana. Bukan nggak mungkin semua makanan itu membawa penyakit tertentu. Yups, beberapa penyakit sering muncul setelah lebaran tiba. Berikut adalah 7 penyakit tersebut!

Meningkatkan Kolesterol

Hampir semua orang nggak tahan dengan makanan lebaran. Apalagi masakan ibu, seperti opor ayam, gulai, daging, kupat yang bakal bikin nambah porsi. Tapi kamu harus tetap waspada karena makanan tersebut identik dengan santan yang memicu kolesterol jahat.

Sakit Pinggang

Sakit pinggang biasanya disebabkan kebanyakan duduk. Apalagi kamu yang mudik naik mobil, bis, atau kereta. Duduk berjam-jam inilah yang bakal bikin punggung kamu sakit.

Buat mengatasi hal ini kamu bisa duduk dengan penyangga bawah yang baik serta memiliki sandaran tangan.

Flu

Lebaran nggak lepas dari jabat tangan. Padahal jabat tangan dapat memicu berpindahnya kuman dan bakteri. Hal inilah yang biasanya membuat seseorang terserang flu setelah lebaran berakhir.

Tekanan Darah Tinggi

Jajan lebaran yang terlihat menarik dan enak ternyata menyimpang banyak garam dan natrium. Terutama pada kacang goreng, keripik melinjo, dan kastangel. Hal ini dapat memicu tubuh untuk bekerja keras mencuci darah yang bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Nah, buat kamu yang suka sama jajanan tersebut jangan lupa beri batasan buat makannya ya!

Batuk

Selain menyebabkan kolesterol makanan lebaran juga membuat kamu mudah terserang batuk. Tekstur dari makanan berminyak, pedas, dan kering dapat mengiritasi dinding tenggorokan.

Tenang, beberapa bahan alami bisa kok menyembuhkan penyakit ini. Seperti teh madu hangat, minuman jahe, perasan air jeruk dan sup hangat.

Nyeri dan Kaku pada Leher

Beberapa orang memilih naik mobil pribadi saat mudik. Padahal menyetir selama berjam-jam sangat melelahkan, karena membuat kamu berada di posisi yang sama dalam kurun waktu lama. Hal inilah yang menyebabkan otot pada leher menjadi kaku dan tegang.

Untuk menguranginya kamu bisa mengemudi dengan postur tubuh yang baik. Jangan lupa berhenti di rest area jika mulai merasa lelah dan kantuk.

Radang Tenggorokan

Makanan berminyak dan kering juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Jajan yang disuguhkan di hari raya mau nggak mau harus dicicipi sebagai penghormatan untuk tuan rumah. Selain makanan, usia juga bisa menjadi faktor dari radang tenggorokan, terutama pada anak-anak dan remaja.

Nah, buat kamu yang tetap mau menikmati makanan lebaran jangan lupa dibatasi. Lebih baik mencegah daripada mengobati. (IB30/E05)