Awas! Overthinking Bisa Ganggu Kesehatan Fisik dan Mentalmu

Awas! <em>Overthinking</em> Bisa Ganggu Kesehatan Fisik dan Mentalmu
Overthinking. (Unplash)

Nggak ada yang salah dengan memikirkan sesuatu. Namun jika sudah berlebihan dalam memikirkan sesuatu terus menerus, kamu termasuk orang yang overthinking. Overthinking bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan fisik dan mentalmu.

Inibaru.id – Sobat Millens, pernah nggak sih kamu kepikiran sesuatu hingga mengorbankan banyak waktu? Saat pikiranmu terganggu oleh suatu hal hingga di batas yang nggak wajar, berarti kamu sudah masuk kategori berpikir berlebihan atau overthinking.

Overthinking ini termasuk kedalam psychological disorder atau gangguan psikologis. Overthinking juga berdampak negatif pada fisik dan mental yang mengganggu. Beberapa dampaknya yang mungkin ditimbulkan yaitu kecemasan (anxiety). Overthinking juga menyebabkan paralysys analisys, dimana orang tersebut terus menerus memikirkan suatu permasalahan tanpa menemukan solusi (buntu).

Orang dengan overthinking akan mengalami rasa sakit di tubuh atau fisik. Hal ini disebabkan oleh kecemasan berlebihan dan pada akhirnya akan menimbulkan stres dan berlanjut menjadi depresi.

Melansir laman Riliv (18/2/2019), overthinking ternyata bisa membuat penderitanya menjadi susah tidur karena terlalu memikirkan suatu hal. Terlebih, orang dengan overthinking juga menjadi tidak bisa tidur nyenyak.

Selain itu, overthinking juga dapat mempengaruhi produktivitas, kreativitas dan kesehatan fisik penderitanya. Oleh karena itu, penderita overthinking disarankan untuk berlatih mengendalikan perilaku.

Saat merasa bahwa kamu sering overthinking, mulai lah untuk memikirkan hal-hal yang nggak seharusnya terlalu kamu pikirkan berulang-ulang. Daripada terus-menerus memikirkan masalah, fokus lah untuk pencarian solusi permasalahanmu.

Selain itu, sedikit demi sedikit kurangi berfikir hal-hal negatif yang menghambat aktivitasmu. Jangan sampai produktivitasmu menurun karena overthinking ya Millens!. (IB18/E06)