Awas, Makanan Ini Bikin Kamu Mimpi Buruk

Bukan cuma ketemu mantan sama gandengan barunya yang bisa buat kamu mimpi buruk tapi makanan juga! Apa saja ya?

Awas, Makanan Ini Bikin Kamu Mimpi Buruk
Ternyata ada makanan-makanan tertentu yang memicu seseorang bermimpi buruk. (Shutterstock)

Inibaru.id - Memang ada hal-hal yang bikin kamu sulit tidur dan bermimpi buruk, seperti stres, nonton film horor atau mengonsumsi obat-obatan. Namun, ada hal lain juga yang bisa bikin tidurmu nggak nyenyak karena dihinggapi mimpi buruk yaitu makanan.

Yap, makanan yang kamu konsumsi menjelang tidur cukup berpengaruh lo terhadap kenyamanan tidur kamu. Mau tahu apa saja? Yuk, simak!

Kue                            

Mungkin imbauan untuk larangan ngemil sebelum tidur sudah banyak diucapkan. Terlebih pada makanan yang sifatnya manis seperti kue. Selain bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, kue juga disinyalir membuat kamu bermimpi buruk.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology, 31 persen responden yang diteliti melaporkan mimpi aneh setelah makan makanan seperti kue. Makanan manis ini dapat mengubah formasi mimpi selama tahap tidur REM (Rapid Eye Movement).

Keju

Penelitian yang sama juga menyebutkan kalau keju memberikan menyebabkan mimpi buruk jika dikonsumsi menjelang tidur.

Sejatinya, penelitian dilakukan untuk menampik kalau keju bisa menyebabkan mimpi buruk, namun pada tahun 2005, British Cheese Board merilis penelitian yang menghubungkan keju dengan mimpi buruk. Hasilnya, setelah menggunakan berbagai jenis keju, akhirnya ditemukan kalau pada keju tertentu menyebabkan mimpi aneh dan terasa nyata.

Saus Pedas

Sempat beredar mitos kalau saus pedas yang dikonsumsi sebelum tidur menyebabkan mimpi buruk? Yap, namun masalahnya, hal itu memang benar adanya.

Penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Psychology. Seseorang yang mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur hasilnya memiliki mimpi buruk dan sulit Tidur. Makanan pedas telah mengubah formasi mimpi.

Minuman Bersoda

Ada banyak alasan mengapa soda nggak baik diminum sebelum tidur. Selain karena dapat membuat kondisi kesehatan nggak terkontrol, juga bisa menyebabkan mimpi buruk karena kandungan gula dan kafeinnya.

Sebab kafein dapat merangsan otak. Padahal tidur merupakan waktu dimana otak butuh istirahat. Hasilnya, otak menjadi aktif saat tidur, dan menyebabkan mimpi buruk.

Coklat

Coklat hampir sama dengan minuman bersoda. Yakni memiliki kandungan cokelat dan kafein. Kalau kamu memakan keduanya ketika menjalang tidur, hal itu berpotensi besar membuatmu sulit tidur dan bermimpi buruk. Jadi, beri jangka waktu 4 sampai 6 jam ya.

Kentang Goreng dan Keripik Kentang

Kandungan lemak dan gula merupakan salah satu alasan mengapa keripik nggak boelh dikonsumsi menjelang tidur. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh Frontiers of Psychology yang menyatakan 12,5 persen dari semua mimpi buruk disebabkan oleh makanan berminyak seperti keripik kentang.

Es Krim

Nggak cuma lemak, es krim mengandung gula. Itulah mengapa es krim nggak baik dikonsumsi menjelang tidur. Saat tidur tersebut tubuh nggak punya waktu buat membakarnya. Sementara karbohidrat akan memompa dengan penuh energi saat kamu tidur. Hal itu mendorong pegiriman pesan campuran ke otak yang membuat mimpi buruk.

Jadi, yuk hindari makanan-makanan ini menjelang tidur! (IB28/E05)