Awal 2019, Tol Semarang-Batang Ditargetkan Sudah Bisa Dilewati

Awal 2019, Tol Semarang-Batang Ditargetkan Sudah Bisa Dilewati
Proses pengerjaan jalan Tol Semarang-Batang. (Kumparan.com)

Hingga Agustus 2018, proses pengerjaan Tol Semarang-Batang sudah mencapai 88,46 persen. Ditargetkan, awal 2019 Tol Semarang-Batang sudah bisa beroperasi.

Inibaru.id – Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah ditargetkan mulai beroperasi pada awal 2019. Dengan demikian, jalan tol tersebut setidaknya rampung akhir 2018. Untuk memenuhi target tersebut, pengerjaan kontruksi jalan tol semakin dipercepat.

Inews.id, Kamis (30/8/2018) menulis, hingga akhir Agustus 2018, proses pengerjaan konstruksi jalan tol sudah mencapai 86,12 persen. Sementara itu, proses pembebasan lahan sudah mencapai 88,46 persen. Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengapresiasi cepatnya proses pembangunan jalan Tol Semarang-Batang ini.

“Untuk pembebasan lahan, ditargetkan akan selesai awal September sehingga proses konstruksi bisa dimulai pada November 2018,” ungkap Desi saat meninjau proses pembangunan jalan tol di Semarang bersama dengan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto optimis pihaknya bisa menyelesaikan proyek Jalan Tol Batang-Semarang pada akhir 2018 sehingga bisa segera dioperasikan awal tahun depan.

Namun, Arie menyebut masih ada beberapa detail pekerjaan yang belum selesai seperti pembebasan lahan yang ada di sekitar Jembatan Landak atau validasi lahan dari BPN.

Beberapa fasilitas yang disediakan di jalan tol juga masih dalam proses pengerjaan seperti rest area, penerangan, marka jalan, dan drainase atau saluran air. Berdasarkan rencana, rest area di jalan Tol Semarang-Batang akan dikelola kelompok usaha Jasa Marga, tepatnya PT Jasamarga Properti.

“Kami akan selalu mengawasi kelanjutan dan proses penyelesaian Jalan Tol Semarang-Batang agar bisa selesai sesuai target,” tegas Arie.

Sebelum ini, Tol Semarang-Batang dibuka secara fungsional atau gratis saat arus mudik Lebaran 2018 demi membantu kelancaran lalu lintas. Jalan tol yang termasuk dalam proyek Jalan Tol Trans Jawa ini memiliki panjang 75 km yang menyambungkan Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Batang.

Kalau sudah beroperasi, Semarang-Batang bisa ditempuh satu jam lebih cepat dari sebelumnya. Jadi, kamu nggak terlalu lama di jalan ya, Millens. (IB09/E04)