Sering Menunda-Nunda Pekerjaan? Atasi dengan Cara Ini
Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. (Irishtimes)

Sering Menunda-Nunda Pekerjaan? Atasi dengan Cara Ini

Pekerjaan banyak tapi belum ada yang diselesaikan satupun. Alhasil kalau ditunda-tunda terus bakal semakin menumpuk. Supaya nggak menunda pekerjaan melulu, coba lakukan beberapa cara ini.

Inibaru.id – Sobat Millens barangkali pernah merasa malas mengerjakan tugas sampai akhirnya menyadari kalau tugas semakin menumpuk. Kebiasaan itu dikenal dengan istilah procrastinating. Ada banyak faktor yang menimbulkan kebiasaan menunda pekerjaan seperti tubuh lelah, kurangnya konsentrasi, hingga suasana hati yang buruk.

Tirto.id (18/12/2019) menulis, seseorang sering menunda-nunda pekerjaan dengan hal lain yang dinilai nggak penting. Sebagai contoh, kamu mengecek media sosial hingga berkali-kali, membaca artikel yang seru, melihat video yang menarik, atau bahkan sekadar bermalas-malasan tanpa melakukan apapun. Namun, tetap saja intinya kamu memilih untuk tidak segera mengerjakan tugas yang seharusnya segera diselesaikan.

Seorang profesor dari Carleton University, Ottawa, Kanada, Timothy Pychyl menyebut kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini sebagai salah satu bentuk lari dari tanggung jawab. Menurut Pychyl, kebiasaan itu terkait dengan perasaan takut atau cemas saat akan melakukan pekerjaan sehingga membuat mereka ingin menggantinya terlebih dahulu dengan hal-hal yang menyenangkan meski sementara.

Pychyl menyebut kebiasaan menunda pekerjaan sering dilakukan orang yang bersifat perfeksionis. Ini karena orang perfeksionis sangat mengkhawatirkan penilaian orang lain sehingga mudah mengalami rasa cemas sebelum melakukan berbagai tugas. Karena itulah, dia mengalihkannya dengan hal-hal yang menyenangkan.

Selain itu, faktor motivasi juga menjadi penyebab utama dari munculnya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Sebagai contoh, menunda pekerjaan akan muncul jika kamu sudah malas bekerja di sebuah tempat atau tidak lagi respek dengan rekan kerja atau atasan.

Menghentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Supaya kebiasaan itu lenyap, Pychyl menyarankan untuk memperbaiki pola pikir, khususnya dalam hal memperhatikan skala prioritas pekerjaan. Pilihlah tugas yang paling mendesak atau paling penting terlebih dahulu. Seseorang biasanya akan memiliki motivasi besar untuk segera mengerjakan tugas yang mendesak.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyingkirkan hal-hal yang bisa mengalihkan tujuan seperti ponsel, gim, dan media sosial. Bahkan, jika perlu, kamu juga bisa mematikan internet demi mencegah keinginan berselancar dan menyia-nyiakan waktu. Namun, pastikan pekerjaan yang kamu hadapi memang nggak memerlukan internet.

Oh iya, kamu juga bisa membuat suasana yang lebih mendukung seperti membuat meja atau ruangan kerja menjadi lebih rapi dan nyaman. Ruangan yang segar dan memiliki sirkulasi udara yang baik, cukup cahaya, serta nggak bising bisa membuatmu lebih berkonsentrasi.

Terkadang keinginan menunda-nunda pekerjaan mudah muncul. Namun, dengan cara-cara itu, setidaknya kamu bisa meluruskan niat untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Pernah nggak sih sobat Millens merasakan hal semacam itu? Lantas gimana caramu untuk menyingkirkan kebiasaan tersebut? Bagi tipsnya dong. He-he (IB09/E04)