Atasi Bau Mulut dengan 6 Bahan Alami Ini

Atasi Bau Mulut dengan 6 Bahan Alami Ini
Bau mulut dapat dikurangi dengan mangkonsumsi bahan-bahan alami. (Sehatq)

Bau mulut yang nggak sedap memang bikin nggak percaya diri. Sebelum memutuskan untuk memilih tindakan dokter, coba dulu bahan-bahan alami berikut ini.

Inibaru.id – Menggosok gigi dan berkumur-kumur menjadi cara yang ampuh untuk membersihkan gigi serta mengurangi bau mulut. Selain itu, mengkonsumsi air putih sebanyak minimal delapan gelas dalam sehari dipercaya dapat mengurangi bau mulut yang disebabkan karena mulut kering.

Namun bahan alami juga bisa kamu gunakan pula untuk mengatasi bau mulut lo. Apa saja sih bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mulut kamu.

Daun Sirih

Daun sirih biasanya dikonsumsi langsung dengan dikunyah. (Ensiklonesia)<br>
Daun sirih biasanya dikonsumsi langsung dengan dikunyah. (Ensiklonesia)

Penelitian menunjukkan daun sirih punya zat yang berdampak pada kesehatan mulut dan gigi, yaitu zat antibakteri dan antiradang. Biasanya daun sirih digunakan dengan cara mengunyahnya secara langsung. Daunnya yang berwarna hijau dengan bentuk hati ini dipakai pula sebagai obat herbal.

Teh Hijau

Teh hijau dan kandungan antibiotiknya baik bagi kesehatan mulut. (Ulyadays)<br>
Teh hijau dan kandungan antibiotiknya baik bagi kesehatan mulut. (Ulyadays)

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dan antibakteri. Kandungan ini ampuh menghilangkan bau mulut lo. Teh hijau juga bisa mengurangi peradangan. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa tambahkan daun mint ketika mengolahnya jadi minuman.

Susu

Susu kaya dengan kandungan zat melawan bakteri, seperti probiotik. (Shutterstock)<br>
Susu kaya dengan kandungan zat melawan bakteri, seperti probiotik. (Shutterstock)

Minuman yang jadi favorit banyak orang ini dapat menghilangkan bau mulut setelah mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki bau nggak sedap lo. Selain susu, yoghurt yang memiliki kandungan probiotik dapat pula mengurangi bakteri penyebab bau dalam mulut kamu.

Jeruk

Jeruk meningkatkan air liur. (Resepkoki)<br>
Jeruk meningkatkan air liur. (Resepkoki)

Jeruk menjadi buah seribu umat yang banyak disukai orang. Selain rasanya menyegarkan dan kaya vitamin C, ternyata jeruk dapat meningkatkan produksi air liur. Ini sangat berguna untuk membuang bakteri penyebab bau mulut. Penelitian menunjukkan pula vitamin C jeruk dapat mencegah sariawan dan radang gusi.

Akar Manis

Kayu manis biasa digunakan untuk campuran membuat pasta gigi. (Tanamandanramuan.blogspot)<br>
Kayu manis biasa digunakan untuk campuran membuat pasta gigi. (Tanamandanramuan.blogspot)

Akar manis sering digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu, seperti nyeri ulu hati, radang kulit, dan gatal-gatal. Nggak hanya itu, akar manis ternyata bermanfaat pula untuk menghilangkan bau mulut karena kandungan antibakterinya. Nggak salah ekstraknya digunakan untuk pembuatan pasta gigi.

Mana nih yang akan kamu coba untuk mengatasi bau mulut, Millens? (MG26/E06)