Asyiknya Salam Tempel dengan Amplop Lebaran Custom

Asyiknya Salam Tempel dengan Amplop Lebaran Custom
Amplop lebaran custom dengan foto-foto keluarga. (OLX/Jamaludin)

Amplop Lebaran custom tengah naik daun pada Lebaran tahun ini. Kamu bisa berkreasi menentukan desain atau bahkan melukisnya sendiri. Seperti apa ya rupa dari amplop yang unik ini?

Inibaru.id – Lebaran sebentar lagi. Tradisi bagi-bagi angpau tentu jadi hal yang dinanti-nanti. Di Indonesia, budaya ini disebut pula dengan salam tempel. Salam tempel ini berupa amplop yang sudah diisi dengan uang. Biasanya, yang memberikan adalah orang yang sudah menikah kepada anak kecil sebagai hadiah saat Lebaran.

Nah, kamu sudah tahu belum kalau amplop Lebaran ternyata bisa dibuat custom sesuai yang kamu pengin, lo? Berikut adalah fakta-fakta terkait amplop Lebaran custom yang wajib kamu tahu.

Kreasikan Gambar Sesukamu

Bisa kamu pasang wajah ibu atau adikmu. (Bukalapak/Azkagallery)
Bisa kamu pasang wajah ibu atau adikmu. (Bukalapak/Azkagallery)

Kalau kamu bosan dengan motif amplop Lebaran di pasaran yang gitu-gitu aja, nggak ada salahnya mencoba amplop Lebaran custom. Kamu akan bebas memilih background, gambar, teks, hingga bentuk yang kamu inginkan. Misal, kamu ingin memasang gambar keluarga besar, rumah kamu, hewan peliharaan kamu, tokoh kartun favorit, dan lain-lainnya. Coba cari gambar yang menurutmu paling bagus dijadikan cover.

Ukuran Bervariasi, Bisa Besar atau Kecil

Ukurannya amplop lebaran custom bermacam-macam. (Facebook/Amplop Lebaran Jombang)<br>
Ukurannya amplop lebaran custom bermacam-macam. (Facebook/Amplop Lebaran Jombang)

Nggak hanya gambarnya saja yang bisa kamu custom, ukurannya juga bisa lo. Amplop Lebaran biasanya dibagi menjadi tiga jenis, yakni amplop kecil (9x6 cm), sedang (12x9 cm), dan besar (16x8 cm). Untuk yang kecil dan sedang, posisi uang harus kamu lipat dulu, tapi kalau ukurannya besar, tanpa dilipat pun uang bisa masuk. Coba pikirkan dulu deh, jenis mana yang kira-kira tepat ketika membuat amplop Lebaran custom.

Bisa Kamu Buat Sendiri

Amplop lebaran custom bisa kamu gambar sendiri. (Vidio)<br>
Amplop lebaran custom bisa kamu gambar sendiri. (Vidio)

Amplop lebaran custom bisa kamu buat sendiri lo. Cukup siapkan kertas mengkilap warna putih yang agak lentur, gunting, lem/dobel tip, penggaris, dan cutter. Caranya pun sederhana, tentukan desainnya dulu. Setelah itu gambar pola amplop di atas kertas, gunting, lipat, dan lem. Jangan lupa melukis desain favorit di atas amplop menggunakan spidol atau alat lukis lainnya.

Bisa Dibeli Jika Repot Menggambar

Bisa kamu beli juga. (Uswah-design.blogspot)
Bisa kamu beli juga. (Uswah-design.blogspot)

Selain bisa kamu buat sendiri, beberapa jasa daring juga menjual amplop Lebaran custom. Jika kamu berniat membeli, pilihlah yang kertasnya lebih tebal, jangan tipis dan transparan ya karena bisa membuat uang di dalamnya bisa kelihatan. Usahakan pula kertasnya mengkilap. Harga di pasaran sangat bervariasi, untuk setiap 40 amplop rentang harganya antara Rp 50 ribu – Rp 80 ribu.

Lebih Memberi Kesan

Ciptakan momen berkesan dengan amplop lebaran custom. (OLX/Jamaludin)<br>
Ciptakan momen berkesan dengan amplop lebaran custom. (OLX/Jamaludin)

Kalau kamu memilih desain yang pas, amplop Lebaran custom tentu bisa menjadi lebih berkesan. Sebagai contoh, kamu memasang foto keluarga besar. Tentu akan sesuai jika diberikan pada anggota keluarga lainnya. Momennya jadi makin nggak terlupakan deh!

Apakah kamu berminat untuk membuat amplop Lebaran custom ini juga demi memeriahkah Idulfitri, Millens? (MG26/E07)