Asyiknya Berburu Takjil di Aloon-Aloon Baru Kauman Semarang

Asyiknya Berburu Takjil di Aloon-Aloon Baru Kauman Semarang
Berburu takjil di Aloon-Aloon Baru Kauman Semarang. (Ayosemarang/Audrian Firhanussa)

Kalau kamu ada di Kota Semarang di Ramadan tahun ini, coba deh berburu takjil di Aloon-Aloon Baru Kauman. Di sana, kamu bisa membeli aneka jajanan dan makanan khas Semarang dengan harga terjangkau.

Inibaru.id – Ada banyak tempat untuk berburu takjil di Kota Semarang. Salah satunya adalah Pasar Kuliner Ramadan yang ada di Aloon-Aloon Baru Kauman Semarang. Di sini, kamu bahkan bisa menunggu detik-detik berbuka bersama warga lainnya seperti suasana zaman dulu.

Keberadaan Aloon-Aloon Semarang ini membuat suasana Masjid Kauman jadi lebih meriah. Para pedagang di Pasar Kuliner Ramadan juga nggak perlu lagi berjualan di bahu jalan sehingga bikin lalu lintas macet. Warga juga bisa mendapatkan berbagai jajanan dan makanan berat yang bisa mereka santap untuk berbuka puasa.

O ya, lokasi Pasar Kuliner Ramadan ini ada sisi selatan depan Masjid Kauman, Jl. Aloon-Aloon Bar. No.11, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah. Kalau mampir ke sana, pasti bakal langsung bisa melihat sejumlah pedagang makanan di bawah tenda yang menjual beraneka ragam makanan khas Semarang dan Jawa Tengah.

Kamu bisa menemukan nasi kebuli, tahu petis, bubur jenang, kolak, kebab, jajan pasar, garang asem, serta makanan khas Ramadan layaknya kurma dan petis bumbon. Yang disebut terakhir ini cukup spesial, lo, Millens.

“Ini (petis bumbon) tepatnya lauk ya, untuk berbuka. Dan petis bumbon khusus dibuat saat bulan Ramadan di Semarang, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar Masjid Kauman,” ujar salah satu pedagang petis bumbon di Aloon-Aloon Baru Kauman, Siti, Minggu (3/4/2022).

Petis bumbon, kuliner khas Ramadan yang diburu di Aloon-aloon Baru Masjid Kauman Semarang. (Jawapos Radar Semarang/Nurchamim)
Petis bumbon, kuliner khas Ramadan yang diburu di Aloon-aloon Baru Masjid Kauman Semarang. (Jawapos Radar Semarang/Nurchamim)

Jadi ya, petis bumbon ini sebenarnya adalah lauk berkuah dengan rasa gurih, sedikit pedas, manis, dengan aroma petis ikan. Di kuahnya ada cabai rempah dan telur bebek yang sudah direbus sehingga bumbunya meresap ke dalamnya. Duh, pasti nikmat banget ya?

Selain petis bumbon, kamu juga bisa menemukan sejumlah bubur dan minuman menyegarkan seperti es teh, dawet, dan lain sebagainya.

“Ada bubur candil, bubur sumsum, sagu, bubur telo, dan ketan hitam, Nanti diberi santan dan kinco atau cairan gula aren,” kata penjualnya, Novi yang berada di sisi pojok dekat dengan masjid.

Kalau kamu pengin berburu takjil ke sana, datang saja sekitar pukul 15.00 WIB ya. Maklum, para pedagang biasanya baru buka lapak pukul 14.00 WIB Kalau tutupnya, biasanya pukul 21.00 WIB.

“Tapi sebelum jam 21.00 WIB sudah banyak yang tutup karena habis,” terang pengurus Pasar Kuliner Ramadan Ahmad Junaidi, Senin (5/4).

Biasanya sih, harga jajanan di Aloon-Aloon Baru Masjid Kauman ini antara Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu. Kalau makanan berat, memang bisa lebih dari Rp 10 ribu. Tapi, harga ini tergolong murah.

Tertarik berburu takjil di sana, Millens? (Det,Tvo/IB09/E05)