Asyiknya Berburu Jajanan di Toko Seneng Santoso Kudus

Asyiknya Berburu Jajanan di Toko Seneng Santoso Kudus
Toko Seneng Santoso, pusat jajanan di Kudus. (Google Street View)

Kalau main ke Kudus, Jawa Tengah dan pengin membeli jajanan, nggak perlu pusing. Datang saja ke Toko Seneng Santoso. Soalnya, di sana banyak variasi jajanan yang bisa kamu beli, Millens.

Inibaru.id – Kalau main ke Kudus, Jawa Tengah dan pengin membeli jajanan, coba deh mampir ke Toko Seneng Santoso. Di toko yang berlokasi di Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota ini, kamu bisa kok mendapatkan jajanan nikmat untuk dijadikan camilan atau jamuan di ruang tamu.

Pada momen bulan puasa atau Lebaran, toko ini dipenuhi oleh warga dari Kudus dan sekitarnya. Mereka berburu jajanan untuk keperluan buka puasa atau Lebaran. Meski begitu, bukan berarti tempat ini dipenuhi pengunjung di momen-momen itu saja.

“Toko Seneng Santoso bisa dibilang satu di antara pusatnya jajanan hidangan Lebaran di Kudus. Pelanggannya tidak hanya warga Kudus saja, tapi se-eks Karesidenan Pati,” ungkap pemilik toko tersebut, Diyah Sulistyowati, Jumat (15/4/2022).

Di toko ini, setidaknya kamu bisa menemukan lebih dari 100 jenis jajanan. Variasinya sangat banyak sehingga kamu bisa menemukan jajanan zadul hingga jajanan kekinian. Artinya, jajanan ini bisa dipilih sesuai dengan selera setiap orang dari berbagai kalangan usia.

“Jajanan zadul misalnya keciput, widiran, untir-untir, jenang, biskuit, kurma, rempeyek, dan lain sebagainya. Sedangkan jajanan kekinian di antaranya nastar, kerupuk jagung, wafer, bakso goreng, cireng, dan masih banyak lagi,” lanjut perempuan yang biasa dipanggil dengan nama Lilis tersebut.

Jajanan di Toko Seneng Santoso cukup lengkap. (Betanews/Rabu Sipan)
Jajanan di Toko Seneng Santoso cukup lengkap. (Betanews/Rabu Sipan)

Soal harga, dijamin terjangkau kok. Kamu bahkan bisa membelinya secara grosiran atau eceran.

“Harga hampir sama dengan toko jajan lainnya. Mulai dari Rp 20 ribu per kilogram hingga Rp 100 ribu per kilogram,” jelasnya.

O ya, toko pusat jajanan yang sudah dibuka sejak 1995 ini buka sejak pukul 07.00 WIB dan baru tutup pada pukul 21.00 WIB. Selain jajanan, kamu juga bisa mendapatkan berbagai minuman kemasan di sini.

Yang menarik, banyak orang yang menjadikan toko ini sebagai tempat untuk membeli jajanan dalam jumlah banyak dan kemudian dijual kembali di daerahnya. Maklum, harganya dianggap terjangkau sehingga jajanan ini bisa dijual dengan harga yang lebih menguntungkan.

Salah satunya adalah Abdul Malik dari Jepara. Meski harus melakukan perjalanan jauh ke Kota Kretek, dia nggak masalah karena pasti puas dengan jajanan yang dibeli.

“Sekitar 10 tahun sudah saya berlangganan di Toko Seneng Santoso. Jajanannya lengkap, semua ada,” terang Abdul.

Kalau ke Kudus, jangan lupa ya mampir di Toko Seneng Santoso ya, Millens. (Bet/IB09/E05)