Asyik! Lagu-lagu Indonesia Ini Laris di Mancanegara, Lo

Asyik! Lagu-lagu Indonesia Ini Laris di Mancanegara, Lo
Lagu Indonesia yang laris di mancanegara, salah satunya Pamungkas - To The Bone. (myavitalia.com)

Ada sejumlah lagu Indonesia yang laris di mancanegara. Penggemarnya nggak hanya dari dalam negeri saja. Apa saja ya lagu-lagu tersebut?

Inibaru.id – Kalau membahas lagu-lagu Indonesia, yang kita pikirkan biasanya adalah lagu-lagu ini hanya akan laris di dalam negeri saja. Padahal, hal ini nggak selalu tepat, lo, Millens. Percaya nggak kalau ada lagu-lagu Indonesia yang laris di mancanegara? Kita nggak sedang bercanda karena hal ini memang benar-benar terjadi.

Di dekade awal abad 21, kita pasti mengenal band Mocca yang lagunya laris manis di Korea Selatan. Di sana, nggak aneh kalau kamu mendengarnya di pusat perbelanjaan atau dijadikan soundtrack film. Lagu-lagu Mocca juga terdengar hingga ke Eropa sana, lo.

Nah, selain Mocca, belakangan kamu juga bakal mendengar lagu-lagu Indonesia yang juga laris di mancanegara. Lagu-lagu siapa saja ya yang bisa mendapatkan kesuksesan keren ini?

Pamungkas dengan Lagunya “To The Bone”

Lagu To The Bone milik Pamungkas pecahkan sejumlah rekor. (Instagram/pamungkas)
Lagu To The Bone milik Pamungkas pecahkan sejumlah rekor. (Instagram/pamungkas)

Lagu ini memang lagi laris-larisnya di Indonesia. Banyak orang yang nggak melihat video klipnya atau nggak tahu kalau lagu ini didendangkan oleh Pamungkas pasti nggak menyangka kalau lagu ini asli Indonesia. Meski liriknya 100 persen Bahasa Inggris, yang menyanyikannya anak lokal, kok.

Kalau menurut layanan musik Spotify, lagu ini memecahkan rekor sebagai pemimpin chart Indonesia Top 50 selama tujuh pekan beruntun, tepatnya sejak 9 Maret 2021 sampai 27 April 2021. To The Bone juga sampai ikut-ikutan viral di media sosial TikTok hingga masuk daftar lagu Viral 50 secara internasional. Wih, keren juga, ya?

Weird Genius dengan Lagunya “Lathi”

Lathi dari Weird Genius bikin geger pada 2020 lalu. (Youtube/Weird Genius)
Lathi dari Weird Genius bikin geger pada 2020 lalu. (Youtube/Weird Genius)

Lagu ini sempat bikin geger pada tahun 2020 karena nggak hanya laris-manis di Indonesia, namun di luar negeri. FYI, Millens, Weird Genius terdiri atas Reza Arap, Gerard Liu, serta Eka Gustiwana. Nah, penyanyi lagu Lathi ini adalah Sara Fajira.

Saking populernya lagu ini, poster Weird Genius bahkan sempat nampang di Times Square New York, AS pada Juli 2020 lalu. Nggak hanya laris di layanan streaming, video lagu ini bahkan sudah ditonton lebih dari 109 juta kali di Youtube. Wih!

Andra and The Backbone dengan Lagunya “Sempurna”

Sempurna, lagu tersukses Andra and The Backbone. (Youtube/GP Records)
Sempurna, lagu tersukses Andra and The Backbone. (Youtube/GP Records)

Lagu ini memang cukup lawas karena dirilis pada 2007 lalu. Tapi, lagu ini cukup timeless karena enak didengar dan disukai banyak orang dari berbagai generasi.

Beda dengan lagu-lagu sebelumnya yang liriknya Bahasa Inggris, lagu Sempurna dari Andra and The Backbone ini memakai lirik murni Bahasa Indonesia. Paduan dari nada lagu yang enak, lirik yang cantik, dan aransemen musik ciamik membuatnya laris manis hingga ke mancanegara.

Banyak musikus luar negeri yang merilis ulang lagu ini dengan versinya sendiri. Band asal Jepang Shiroi Iro Wa Koibito No Iro dan musisi Korea Selatan Nicholas adalah dua dari kesekian artis yang melakukannya.

Dari lagu-lagu Indonesia yang laris di mancanegara ini, kamu paling suka yang mana, Millens? (Goo/IB09/E05)