Asyik, di Negara-negara Ini, Sepeda Jadi Alat Transportasi Utama Warganya

Asyik, di Negara-negara Ini, Sepeda Jadi Alat Transportasi Utama Warganya
Sepeda jadi alat transportasi utama warganya di Jepang. (Flickr/Beni Arnold)

Bukannya kendaraan bermotor, warga negara ini justru menjadikan sepeda jadi alat transportasi utama untuk kebutuhan sehari-hari. Terlihat unik dan elegan, karena nggak hanya untuk gaya-gayaan, Millens.

Inibaru.id – Belakangan ini warganet sering dihebohkan dengan perseteruan pengguna sepeda, khususnya yang berjenis road bike dengan pengguna transportasi lainnya seperti sepeda motor atau mobil. Hal ini disebabkan oleh sepeda yang belum jadi alat transportasi utama masyarakat Indonesia.

Memang, di banyak kota, sudah ada jalur sepeda khusus yang bisa dipakai mereka yang menggunakannya. Tapi, ada sejumlah pengguna road bike yang merasa jalur tersebut kurang aman mereka gunakan. Nah, rebutan jalan inilah yang jadi awal perseteruan mereka dengan pengguna alat transportasi ini.

Daripada jauh membahas soal perseteruan ini, yuk kita simak negara-negara yang masyarakatnya justru menjadikan sepeda jadi alat transportasi utamanya. Nggak hanya bikin polusi berkurang, badan jadi sehat, dan jalanan di kota besar sebenarnya malah jadi lebih menarik, Millens.

1. Belanda

Bersepeda di jalanan Belanda adalah hal yang lumrah. (Flickr/

Megan Eaves)
Bersepeda di jalanan Belanda adalah hal yang lumrah. (Flickr/ Megan Eaves)

Sepeda dan Belanda seperti jadi hal yang nggak bisa dipisahkan, ya Millens. Realitanya, sebagian besar warganya masih memakai sepeda untuk kemana-mana. Meski tentu saja untuk kebutuhan jarak pendek. Saking membudayanya pemakaian sepeda di sana, pejabat pemerintahan atau bahkan pemain sepak bola terkenal seperti Arjen Robben sering kedapatan naik sepeda. Keren juga, ya?

Jalanan kota-kota besar yang dipenuhi masyarakat berlalu lalang dengan sepeda bukanlah hal aneh di Belanda. Hal ini membuat tempat parkir sepeda sangat mudah ditemui di sana. Menariknya, parkir untuk mobil justru terbatas. Alhasil, kalau nggak bersepeda, kebanyakan orang Belanda memilih untuk memakai transportasi umum, deh.

2. Belgia

Warga Belgia juga suka bersepeda ke mana-mana. (Flickr/

FaceMePLS)
Warga Belgia juga suka bersepeda ke mana-mana. (Flickr/ FaceMePLS)

Tetangga Belanda, Belgia, juga punya kebiasaan yang sama soal sepeda. Masyarakatnya lebih suka memakai alat transportasi ramah lingkungan ini daripada kendaraan bermotor. Jadi, mereka terbiasa memakainya untuk berangkat kerja, pergi ke seolah, belanja, atau pergi nongkrong dengan teman-teman.

Di sana, sepeda ternyata masuk dalam barang yang cukup mahal, lo. Untungnya, banyak persewaan sepeda di sana. Jadi, warganya nggak kebingungan deh kalau tiba-tiba membutuhkannya.

3. Jepang

Di dorama atau film Jepang, terlihat banyak warganya sering memakai sepeda. (Flickr/

isado)
Di dorama atau film Jepang, terlihat banyak warganya sering memakai sepeda. (Flickr/ isado)

Kalau kamu suka melihat dorama atau film Jepang, pasti terbiasa melihat warga sana naik sepeda ke mana-mana. Menariknya, kebiasaan masyarakat Jepang memakai sepeda ini sangat kontras dengan fakta bahwa negara ini adalah salah satu produsen sepeda motor dan mobil terbesar di dunia.

Banyak pihak menyebut warga Jepang memilih sepeda karena peduli dengan kelestarian alam. Mereka juga ingin hidup sehat sehingga sering memakainya sehari-hari.

4. Swiss

Bersepeda sambil menikmati pemandangan alam Swiss pasti terlihat sangat mengasyikkan. (Flickr/

Aivar Ruukel)
Bersepeda sambil menikmati pemandangan alam Swiss pasti terlihat sangat mengasyikkan. (Flickr/ Aivar Ruukel)

Sebenarnya sih, ya, kebanyakan pengguna sepeda di Swiss bukan di area perkotaan, namun di pedesaan. Pasti keren ya bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa khas Swiss dengan sepeda. Tapi, karena kontur tanah di situ berbukit-bukit, pasti bakal bikin lumayan lelah deh.

Kalau kamu, apakah tertarik menjadikan sepeda jadi alat transportasi utama sehari-hari, Millens? Bukannya jadi ajang gaya-gayaan atau foto-foto doang, lo, ya. Haha. (Hip/IB09/E05)