Astronaut ini Ceritakan Pengalaman Paling Menakutkan Saat di Luar Angkasa

Astronaut ini Ceritakan Pengalaman Paling Menakutkan Saat di Luar Angkasa
Scott Kelly saat berada di ISS. (WikimediaCommons)

Astronaut Scott Kelly menceritakan pengalaman paling mengerikannya selama di luar angkasa. Apakah ada alien, black hole, atau bahkan mahluk yang belum pernah dia lihat sebelumnya? Yuk simak ceritanya!

Inibaru.id - Seorang astronaut yang telah kembali ke Bumi menuturkan pengalamannya saat berada di luar angkasa. Dia adalah Scott Kelly, salah satu astronaut paling senior di Bumi karena sudah pernah menghabiskan waktu 340 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS).

Dalam sebuah wawancara khusus yang diadakan oleh Space, Kelly menceritakan pengalamannya melihat hal paling mengerikan di ISS. Menariknya, dia nggak bertemu dengan alien atau hal-hal yang belum pernah dilihat sebelumnya. Baginya, hal mengerikan tersebut justru adalah urine alias air seni! Urine ini bercampur dengan asam dengan ukuran sekitar satu galon.

"Itu adalah campuran asam belerang dengan urine. Asam belerang biasanya digunakan untuk mencegah toilet di ISS mampet," tambah Kelly yang mengaku harus membersihkan cairan tersebut.

Kelly saat berada di SS, jauh di atas Bumi. (WikimediaCommons)<br>
Kelly saat berada di SS, jauh di atas Bumi. (WikimediaCommons)

Meski terlihat sepele, Kelly menyebut cairan tersebut jauh lebih mengerikan dari hantu, alien, atau bahkan black hole. Sebab, bagi Kelly, membersihkan zat tersebut di ISS bisa menjadi suatu permasalahan tersendiri. Maklum, di ISS nggak ada gravitasi sehingga segala sesuatu bisa melayang bebas.

Kelly kemudian meminta semua orang membayangkan apabila cairan campuran urine dengan zat berbahaya tersebut melayang  dan menabrak ke wajah Anda. Nggak hanya menjijikkan, bisa jadi akan ada dampak lain yang lebih mengerikan.

Meski begitu, pengalamannya tinggal di ISS memberinya sebuah perspektif baru tentang umat manusia.

"Saya merasa menjadi lebih berempati pada lingkungan dan juga kondisi umat manusia," kata Kelly.

Menariknya, Kelly nggak membawa benda atau kenang-kenangan apapun dari ISS saat pulang ke Bumi. Dia menganggap kalau dirinya sendiri lah kenangan itu.

"Saya merasa sudah seperti memorabilia luar angkasa. Jadi saya merasa tidak memerlukan benda lain lagi" imbuhnya sambil tertawa, seperti dikutip dari IFL Science.

Scott Kelly dan saudara kembarnya Mark Kelly. (NASA)<br>
Scott Kelly dan saudara kembarnya Mark Kelly. (NASA)

Selain membawa berbagai kisah dan pengalaman, Kelly juga membawa data berharga bagi para ilmuwan. Karena kebetulan memiliki saudara kembar identik, Kelly menjadi bahan penelitian atas efek perjalanan luar angkasa pada manusia.

Kelly berharap hasil penelitian tersebut bisa membantu mempersiapkan umat manusia di masa depan. Terutama dalam memulai penjelajahan luar angkasa.

Wah, ternyata hidup di ruang angkasa seperti itu ya, Millens. Apakah kamu juga tertarik menjadi astronaut? (Kum/IB28/E07)