Astreroid 1997 BQ Dekati Bumi Jelang Idulfitri, Berbahayakah?

Astreroid 1997 BQ Dekati Bumi Jelang Idulfitri, Berbahayakah?
Asteroid 1997 BQ (Ist/Net)

Pada Rabu (29/4/2020) disebutkan bahwa ada satu asteroid yang melintas di dekat dengan Bumi. Kini, ada kabar yang menyebut asteroid bernama 1997 BQ juga akan melintas dalam jarak yang sangat dekat dengan Bumi menjelang perayaan Idulfitri. Apakah asteroid ini bisa membahayakan kehidupan umat manusia?

Inibaru.id – Sebuah Asteroid dikabarkan akan memotong orbit Bumi sekitar dua hari sebelum hari raya Idulfitri. Fenomena ini akan berlangsung kurang dari sebulan setelah asteroid 1998 OR2 juga melintas cukup dekat dari Bumi pada Rabu (29/4/2020) lalu.

Asteroid yang akan melintas dekat dengan Bumi ini diidentifikasi sebagai 136795 dan diberi nama 1997 BQ. Bila dibandingkan dengan asteroid 1998 OR2, ukuran 1997 BQ hanyalah setengahnya. Hanya, meskipun ukurannya lebih mini, bukan berarti asteroid ini nggak akan memberikan bahaya bagi Bumi. Lantas, mengapa kita perlu waspada dengan keberadaan asteroid ini, sih?

Asteroid 1997 BQ ini dikategorikan sebagai asteroid kelas Apollo yang berpotensi membahayakan bumi karena melintas dalam jarak 'hanya' 6.156.666 kilometer dari Bumi. Asteroid ini masuk dalam kategori membahayakan bagi Bumi karena memiliki diameter lebih dari 140 meter dan melintas kurang dari lima juta mil atau delapan juta kilometer dari Bumi.

Ilustrasi asteroid mendekati bumi (Flickr/Mike Lewinski)
Ilustrasi asteroid mendekati bumi (Flickr/Mike Lewinski)

Ukuran dari asteroid ini sepanjang 0,862 kilometer atau seukuran dengan jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Meski sangat kecil dibandingkan dengan ukuran Bumi, jika sampai terjadi tabrakan, kerusakan yang disebabkannya bisa cukup parah.

Sebagai contoh, pada tahun 2013 silam di kota Chelyabinsk, Rusia, terdapat asteroid berukuran 17 meter dengan berat 10 ton yang masuk ke atmosfer Bumi. Nggak hanya menyebabkan munculnya cahaya yang sangat menyilaukan di langit, gelombang kejut dari asteroid ini melukai lebih dari 1.500 orang. Ledakan dari asteroid ini disebut-sebut lebih besar dari ledakan bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Kaca-kaca di gedung di kota yang berlokasi di Rusia tengah ini juga sampai pecah.

Karakter lainnya dari asteroid 1997 BQ ini adalah kemampuannya dalam mengorbit matahari setiap 844 hari atau setara dengan 2,31 tahun di Bumi. jalur orbit antara Bumi dan Asteroid ini terkadang bisa sangat dekat atau berpotongan sehingga jaraknya bisa hanya sekitar 0,04 unit astronomi.

Selain akan berlangsung beberapa hari menjelang Idulfitri 2020, asteroid ini juga akan kembali mendekati bumi kira-kira pada 2050. Hanya, pada tahun tersebut, jaraknya mungkin tidak akan sedekat saat sekarang, yakni sekitar 16 juta - 25 juta kilometer.

Kamu khawatir nggak dengan keberadaan asteroid yang mendekat dengan Bumi ini, Millens? (Tem/MG31/E07)