Asal-Usul Nama Jalan Braga Bandung, Terkait Kota Braga di Portugal?

Asal-Usul Nama Jalan Braga Bandung, Terkait Kota Braga di Portugal?
Jalan Braga di Bandung, namanya sama persis dengan nama kota di Portugal. (Twitter/adriansyahyasin)

Di Portugal ada kota besar bernama Braga. Lantas, apakah Jalan Braga juga terkait dengan kota ini? Yuk simak asal-usul dari nama salah satu jalan paling populer di Kota Bandung ini?

Inibaru.id – Jalan-jalan ke Bandung, rasanya nggak lengkap kalau nggak mengunjungi Jalan Braga. Di lokasi ini, kamu bisa mengamati gedung-gedung dengan arsitektur khas Eropa yang sangat indah. Nggak hanya asyik untuk foto-foto, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di sini. Hanya, kamu tahu nggak sih sejarah terkait dengan penamaan Jalan Braga yang namanya sangat unik ini?

Kalau kamu cermat, nama Braga sebenarnya cukup terkenal di Eropa. Iya, salah satu kota terbesar di Portugal namanya juga Braga. Kota ini juga kaya akan arsitektur indah khas Eropa. Lantas, apakah nama Jalan Braga juga terkait dengan kota ini?

Meski namanya persis sama, ternyata Braga di Bandung nggak ada kaitan sama sekali dengan Braga di Portugal lo, Millens? Justru, nama Braga ini sangat khas Sunda karena diambil dari kata “baraga” atau “ngabaraga”. Arti dari kata ini adalah berjalan menyusuri sungai. FYI nih, Millens, Jalan Braga memang berada di samping Sungai Cikapundung.

Jalan Braga memiliki nilai sejarah tinggi dan kaya akan bangunan dengan arsitektur Eropa. (Twitter/Adriansyahyasin)
Jalan Braga memiliki nilai sejarah tinggi dan kaya akan bangunan dengan arsitektur Eropa. (Twitter/Adriansyahyasin)

Meski begitu, ada lo versi lain dari penamaan jalan ini. Konon, dulu ada sebuah grup kesenian musik bernama Toneelvereeniging Braga. Grup musik ini sering tampil di jalan tersebut sehingga banyak orang terbiasa menyebutnya dengan Jalan Braga.

Ada juga versi lain yang menyebut Braga berasal dari sebuah jenis minuman khas Rumania. Minuman ini memang disajikan di sebuah tempat bernama Societeit Concordia yang berlokasi di ujung jalan. Oh iya, di tempat ini, dulu memang sering diadakan acara seni untuk menghibur orang-orang Eropa atau juragan perkebunan yang tinggal di Bandung dan sekitarnya.

Menariknya, sebelum dikenal sebagai Jalan Braga, ternyata jalan ini lebih dikenal dengan nama Jalan Pedati atau dalam Bahasa Belanda adalah “Pedati Weg”. Kalau yang ini kamu pasti sudah bisa menebak penyebabnya, kan? Iya, dulu memang banyak pedati yang lewat di jalan tersebut.

Meski versi sejarah pengambilan namanya cukup banyak. Jadi tahu kan kalau sejarah dari Jalan Braga ternyata sangat kaya, ya Millens. Jadi, kapan nih kita bisa jalan-jalan ke Bandung, lagi? (Neg/IB09/E05)