Asal Mula Julukan 'Naga Api' Herry IP, Pelatih Kevin Sanjaya

Asal Mula Julukan 'Naga Api' Herry IP, Pelatih Kevin Sanjaya
Herry IP, pelatih kepala berjuluk 'Naga Api'. (PBSI via Detik)

Herry IP, pelatih bulu tangkis Tanah Air yang belum lama ini dikabarkan berseteru dengan Kevin Sanjaya, dijuluki 'si Naga Api'. Kira-kira apa yang bikin dia dijuluki demikian, ya?

Inibaru.id – Perseteruan antara Kevin Sanjaya dengan pelatihya, Herry Iman Pierngadi atau Herry IP yang baru-baru ini mencuat sempat membuat publik heboh.

Rupanya mereka sudah lama berseteru. Begitulah yang pernah ditulis CNN, Senin (26/9). Barulah setelah Indonesia Open 2022, ketegangan keduanya memuncak.

Kevin bahkan blak-blakan nggak mau berlatih bersama Herry dan tengah mengupayakan untuk berganti pelatih.

Netizen bahkan terbagi menjadi tiga. Sebagian bersimpati terhadap Herry, sementara sebagian lainnya mendukung sikap Kevin. Sisanya, berharap Kevin dan pelatih yang dijuluki Naga Api ini segera berbaikan.

Dijuluki si Naga Api

Pelatih ganda putra Indonesia Herry IP berpose bersama Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo setelah Minions menjadi juara Hylo Open, Jerman 2021. (Instagram/Herry IP via Jawapos)
Pelatih ganda putra Indonesia Herry IP berpose bersama Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo setelah Minions menjadi juara Hylo Open, Jerman 2021. (Instagram/Herry IP via Jawapos)

Kompas (13/5) menulis, Herry IP mendapat julukan sebagai si Naga Api. Kata Herry IP dalam film dokumenter karya Gabriel Luciana, julukan itu berasal dari Badminton Lovers (BL) Tiongkok.

"Karena naga itu, kalau di Tiongkok, paling hebat. Paling kuat, gitu. Seinget saya yang ngasih nama Coach Naga Api itu BL dari Tiongkok. Karena kami banyak banget bertanding di sana," kata Herry.

Herry, dikutip dari Tribunnews, mengaku sangat menikmati julukan tersebut, kendati sebelumnya nggak pernah ada diskusi dengan dia.

"Julukan itu bukan saya yang memilih atau memanggil," jelas Herry. "Saya tidak bisa nolak, enjoy saja lah, takada masalah."

Asisten Herry, si Naga Air

Kalau ada Naga Api, lalu bagaimana dengan Naga Air? Melansir situs resmi Djarum Foundation, sosok Naga Air adalah asisten Herry IP, yaitu Aryono Minarat. Dikutip dari Tribunnews, keberadaan Aryono di sisinya sudah tepat, karena dia sangat cocok dengan si Naga Air yang tenang.

"Saya merasa cocok, buat saya Aryono orang yang klop dengan saya. Bahasanya enak, orangnya agak bertolak belakang dengan saya," kata Herry yang mengakui bahwa dirinya adalah tipe yang pemarah dan galak, sementara Aryono identik dengan pribadi yang sabar dan tenang.

Kolaborasi kedua “Naga” ini turut mengantar para anak didiknya menjadi juara dunia. Jadi, sangat disayangkan ya jika ada perselisihan serius di antara Herry dan Kevin. Gimana menurutmu, Millens? (Siti Zumrokhatun)