Aries Susanti Sabet Medali Perak Kejuaran Dunia Panjat Tebing di Tiongkok

Aries Susanti Sabet Medali Perak Kejuaran Dunia Panjat Tebing di Tiongkok
Aries Susanti dapat medali perak di IFSC 2019. (Instagram/aries-susanti)

Aries Susanti meraih medali perak di kategori women speed world pada ajang IFSC Climbing Worldcup yang diadakan di Wujiang, Tiongkok.

Inibaru.id – Atlet panjat tebing andalan Indonesia Aries Susanti Rahayu kembali meraih prestasi membanggakan. Atlet asli Grobogan, Jawa Tengah itu meraih medali perak di ajang IFSC Climbing Worldcup yang diadakan di Wujiang, Tiongkok, pada 3-5 Mei 2019.

Laman Tempo, Senin (6/5/2019) menulis, Aries berada di posisi kedua di kategori women speed world record setelah dikalahkan atlet asal Polandia Aleksandra Rudzinska. Di babak final, Aries mencatatkan waktu 7,607 detik, tertinggal dari Aleksandra yang mampu mencapai target dalam waktu 7,313 detik.

Meskipun kalah di babak final, Pelatih Pelatnas Panjat Tebing Hendra Basir menyebut apa yang diraih Aries sudah sesuai dengan target.

“Pelatnas baru jalan kurang dari dua bulan. Kalau performa Aries kurang maksimal wajar karena memang performanya baru 80-an persen. Tapi hal ini masih sesuai dengan jalur pelatihan,” terang Hendra.

Selain itu, Hendra juga menyebut performa Aries masih bisa ditingkatkan. Sebagai contoh, tim masih mencoba untuk memaksimalkan kemampuan di bagian lead dan boulder.

“Kini goal-nya adalah mempertahankan keunggulan dan menipiskan jarak di bagian lead dan boulder. Memang, hal ini berat untuk dilakukan, tapi dengan latihan total seharusnya bisa ditingkatkan. Kami targetnya tetap mengamankan kuota demi bisa lolos kualifikasi di Prancis yang mensyaratkan harus masuk 20 besar. Khusus untuk kategori speed, sepertinya kita masih aman,” lanjutnya.

Aries juga mengaku bersyukur dengan raihannya di Tiongkok.

“Ya ini penampilan maksimal saya. Sebenarnya saya merasa ada yang kurang tapi karena pelatnas juga baru jalan kurang dari dua bulan, hasil ini sudah sangat baik. Saya akan latihan lebih gencar lagi ke depannya,” jelas Aries.

Semoga saja Aries terus berprestasi di cabang olahraga panjat tebing dan mengharumkan nama bangsa, ya, Millens! (IB09/E04)