Pasta Gigi dengan Kandungan Arang Aktif Bisa Memutihkan Gigi, Benarkah?

Pasta Gigi dengan Kandungan Arang Aktif Bisa Memutihkan Gigi, Benarkah?
Arang aktif dijadikan bahan pasta gigi. (Bustle)

Saat ini, sangat mudah dijumpai bermacam-macam produk yang menggunakan bahan arang aktif atau activated charcoal. Aman nggak sih bahan itu?

Inibaru.id - Arang aktif atau activated charcoal kini sudah banyak digunakan sebagai campuran produk perawatan gigi, tubuh, maupun kecantikan. Salah satunya adalah produk pasta gigi. Produk yang menggunakan arang aktif diklaim dapat memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut. 

Medcom.id, Sabtu (6/4/2019), menulis seorang dokter gigi dari Fayetteville Bruce L. Cassis mengatakan arang aktif telah digunakan manusia selama ribuan tahun. Dia juga bercerita pernah memiliki pasien yang menggunakan produk ini. Sang pasien pun mendapatkan beberapa manfaat.

Namun, Cassis mengingatkan belum ada penelitian jangka panjang tentang arang aktif sebagai bahan pembuat pasta gigi. Khasiat arang aktif dalam pasta gigi juga belum diketahui secara pasti.

Kalau kamu ingin tetap menggunakan pasta gigi yang berbahan dasar arang aktif, sebaiknya pakailah secara hati-hati. Jangan rutin menggunakan pasta gigi tersebut, setidaknya nggak lebih dari sekali setiap minggu. Kamu juga lebih baik nggak memakainya dalam jangka waktu yang lama.

“Ini bahan yang bersifat abrasif, jika terlalu sering digunakan bisa merusak enamel pada gigi Anda,” kata Cassis. 

Jika kamu merasakan gejala yang nggak biasa saat memakai pasta gig tersebut seperti gusi berdarah atau gigi lebih sensitif, sudahi saja pemakaiannya.

Nah, kalau kamu memakai pasta gigi tersebut dengan tujuan pengin punya gigi yang lebih cerah, coba saja pakai produk lain. Kamu bisa memakai alat pemutih gigi yang sudah jamak ditemukan di pasaran atau melakukan pemutihan gigi di dokter gigi. Hal ini menurut Cassis lebih baik hasilnya daripada sekadar pasta gigi dengan arang aktif.

Untuk pendekatan yang lebih alami, dokter gigi di New York, Amerika Serikat Trey Wilson menyarankan pasiennya untuk menggunakan cara alami yakni dengan menggesekkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi.

“Ini bekerja secara halus, tetapi aman,” ujar Dr. Wilson. 

So, kalau nggak butuh banget, mending beli sikat gigi yang biasa saja, Millens. (IB24/E04)