Aplikasi 'Virtual Hand Sanitizer', Betul-Betul Bikin Tangan Bersih Nggak, nih?

Aplikasi 'Virtual Hand Sanitizer', Betul-Betul Bikin Tangan Bersih Nggak, nih?
Aplikasi Virtual Hand Sanitizer. (Playstore/screenshot)

Di Google Play, sudah ada aplikasi Virtual Hand Sanitizer yang bisa diunduh di smartphone kamu. Bisa bikin tangan kamu bersih layaknya hand sanitizer asli nggak, ya?

Inibaru.id – Dibanding tahun lalu, penggunaan hand sanitizer tahun ini cenderung meningkat dengan signifikan di Indonesia lantaran pandemi Covid-19 semakin parah dan sulit dikendalikan. Kepopuleran hand sanitizer pun dimanfaatkan oleh sebagian orang, termasuk dalam hal membuat hal-hal iseng.

Sebagai contoh, belakangan ini ada aplikasi di Google Play yang bernama Virtual Hand Sanitizer. Aplikasi yang sedikit nyeleneh ini dikembangkan LongCatIcedTea (LCIT). Meski terlihat seperti guyonan, sudah ada lebih dari 3.290 orang yang mengunduh aplikasi ini, lo!

Jika hand sanitizer asli akan mengeluarkan cairan yang bisa membersihkan tangan baik itu dalam bentuk gel atau aerosol semprot, aplikasi ini berbeda. Meski menampilkan gambar botol hand sanitizer, yang keluar hanya gambaran cairan pembersih virtual dengan warna biru.

Menariknya, saat diketuk dengan jari, aplikasi ini akan mengeluarkan suara yang mirip layaknya saat kamu memencet hand sanitizer asli.

Belum jelas apakah banyak orang yang mengunduh tahu bahwa aplikasi ini nggak benar-benar berfungsi layaknya hand sanitizer asli atau nggak. Yang pasti, rating di Google Play lumayan baik. Virtual Hand Sanitizer mendapatkan 3,8 dari maksimal 5 bintang.

Kalau kamu mengunduh aplikasi ini dan membukanya, sebenarnya sudah ada informasi dan peringatan bahwa Virtual Hand Sanitizer hanyalah simulasi dari hand sanitizer asli. Aplikasi ini juga nggak bikin bersih tangan, jadi tetap disarankan rutin mencuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Aplikasi ini tetap meminta penggunanya rajin mencuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan. (USnews.com)<br>
Aplikasi ini tetap meminta penggunanya rajin mencuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan. (USnews.com)

Lucunya, di kolom komentar banyak orang yang ikut-ikutan mengunduh untuk lucu-lucuan dan berkata seakan-akan aplikasi ini berhasil membersihkan tangan dengan baik.

“Sangat berguna. Tanganku nggak pernah sebersih ini sebelum memakai aplikasi ini. Aku menunggu aplikasi shampo virtual ya!” tulis pengguna bernama Zach Lemon pada Minggu (19/7/2020).

Akun Twitter @tetesanilusi bahkan sampai mengunggah video yang menunjukkan cara kerja dari aplikasi ini. Dia tahu bahwa aplikasi tersebut nggak berguna, tapi tetap memakainya demi lucu-lucuan.

Mengingat tingkat literasi masyarakat Indonesia masih rendah, semoga saja nggak ada orang yang benar-benar percaya bahwa aplikasi ini memang bisa membersihkan tangan, ya Millens! (Lin/IB09/E03)